Apa itu Serdik Atau STR? Cek disini Artinya

Serdik Atau STR

Icolancer.com – Serdik Atau STR- Dimana STR dan juga serdik merupakan dokumen yang harus dilampirkan oleh beberapa pelamar calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tidak semua orang yang melamar sebagai PNS memerlukan STR atau Serdik.

Lalu siapa saja sih yang perlu melampirkan STR dan Serdik ketika kalian hendak mendaftar CPNS? Apa itu STR ataupun Serdik? Jika kalian sangat penasaran mengenai hal tersebut, kalian dapat membaca laman dibawah ini supaya kalian bisa mendapatkan informasi lebih lanjut setelah membaca laman ini.

Apa Itu Serdik Atau STR?

Menurut informasi yang kami dapatkan dari kompas.com Serdik ataupun STR ini merupakan dua jenis dokumen yang sangat berbeda, dimana Serdik adalah sebuah sertifikat pendidik sedangkan STR adalah surat tanda registrasi. Baik itu Serdik maupun STR merupakan sebuah dokumen yang harus dilampirkan sejumlah pelamar CPNS.

Baca juga :

Sehingga Serdik (sertifikat pendidik) merupakan sertifikat yang menjadi salah satu tanda bukti profesionalisme kalian sebagai seorang guru, sedangkan STR ini merupakan sertifikat yang diberikan pemerintah terhadap nakes yang berkompetensi.

Apakah Wajib Melampirkan Serdik di Pendaftaran CPNS?

Tidak semua pelamar jabatan guru harus melampirkan Serdik untuk bisa mengikuti seleksi CPNS, tetapi Serdik menjadi salah satu faktor yang bisa membuat kalian mendapatkan nilai maksimal dalam SKB. Berikut ini merupakan ketentuan yang bisa membuat kalian mendapatkan nilai lebih dalam SKB sebagai berikut :

  1. Kalian harus memiliki Serdik sesuai dengan jabatan yang saat dilamar.
  2. Dimana Serdik yang kalian miliki dikeluarkan oleh Kemenag, Kemenristekdikti, ataupun Kemendikbud.
  3. Kalian telah memenuhi passing grade SKD dalam tiga kali formasi.

Apakah Wajib Melampirkan STR di Pendaftaran CPNS?

STR ini diperlukan bagi moyaritas pelamar formasi nakes di seleksi CPNS kali ini, kebanyakan posisi nakes memerlukan STR. Sehingga kalian harus mempersiapkan STR dengan baik, namun ada beberapa jabatan dibidang kesehatan yang tidak memerlukan STR. Berikut adalah daftar jabatan CPNS yang tidak memerlukan STR :

  1. Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli yang berasal dari lulusan S1 Kimia, Biologi, Teknik Kimia.
  2. Entomolog Kesehatan Terampil yang berasal dari lulusan DIII Entomolog, Kesehatan Hewan, Biologi.
  3. Entomolog Kesehatan Ahli yang berasal dari lulusan S1 atau DIV Profesi Dokter Hewan atau Biologi.
  4. Sanitarian Ahli berasal dari lulusan S1 Teknik Lingkungan.
  5. Administrator Kesehatan.

Seperti itulah informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat bermanfaat serta kalian juga dapat mempergunakan informasi ini dengan sebaik mungkin, sehingga tidak merugikan pihak lain. Baca juga : Cara Membuat Co Host di Zoom

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!