Apa Perbedaan Antara Wordpad dan Notepad di Windows? Ini Penjelasannya

Perbedaan Antara Wordpad dan Notepad di Windows

Icolancer.com – Perbedaan Antara Wordpad dan Notepad di Windows – Dimana Wordpad dan Notepad hampir ada di setiap komputer dan laptop yang menggunakan Windows. Ketika kalian menginstall sistem oeprasi Windows, kedua aplikasi sudah menjadi aplikasi bawaan dari Windows.

Masing mempunyai peran dan fungsi yang berbeda, Microsoft Word lebih mengarah ke sistem kompleks file editing. Sedangkan Notepad dan Wordpad mempunyai tampilan dan sistem lebih ringkas. kedua alat ini lebih cocok digunakan seperti menyimpan note atau catatan yang bersifat tidak formal. Sehingga pengguna tinggal buka aplikasi serta tekan apa saja kalian ingin tuliskan, lalu simpan sebagai catatan. Baca ini : Membuat Video Menggunakan Powerpoint

Perbedaan Wordpad dan Notepad

Banyak yang masih bingung dengan perbedaan Wordpad dan Notepad, selama ini eksistensi Wordpad memang kurang dikenal Notepad, sehingga sebagian pengguna masih merasa kebingungan antara kedua sistem tersebut. Berikut ini merupakan perbedaan Wordpad dan Notepad sebagai berikut :

  1. Fungsi Teks

Notepad ini merupakan aplikasi editor teks paling basic, aplikasi ini hanya dapat berfungsi sebagai input teks dan tidak menyediakan format apapun termasuk mengubah jenis font. Sedangkan Wordpad hampir mirip dengan Notepad, hanya saja sistem dalam aplikasi Wordpad sedikit lebih advance karena dibekali dengan pemformatan lebih lengkap. Tidak sedikit yang menyebut bahwa Wordpad merupakan versi ringan dari Microsoft Word.

2. Asal Usul Aplikasi

Aplikasi Notepad dengan Wordpad merupakan produk dari Microsoft Office, bagi perangkat komputer serta laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, mereka akan mendapatkan seperangkat paket pemasangan tanpa perlu kalian install ulang keduanya.

Notepad sudah dimasukkan ke dalam Windows sejak pada versi Windows 1.0 di tahun 1985. Sedangkan Wordpad baru dimasukkan pada versi Windows 95 dimana posisinya menggantikan aplikasi pendahulu yakni Microsoft Write. Baca juga : Cara Upload File PDF di Facebook

3. Editor Teks

Notepad mempunyai sistem editor teks yang sangat sederhana, kalian tidak bisa merubah format teks apapun termasuk mengganti font, merubah warna maupun menyesuaikan ukuran. Jika pengguna menempelkan teks lain di dalam Notepad, secara otomatis sistem akan mensetting ke default format teks seminimal mungkin.

Kalau di Wordpad kalian masih diberi kesempatan dalam mengubah format teks, seperti menyesuaikan ukuran, mengubah font, memilih warna teks, menginsert gambar, mengatur paragraph, numbering dan masih banyak lainnya. Wordpad adalah Word versi menu Ribbon Home dan View saja.

4. Fitur Menu

Perbedaan Wordpad dan notepad yang berikutnya adalah dari segi fungsi. Notepad dapat digunakan sebagai editor teks pemrograman yang lebih kuat. Sering kali Notepad dipakai untuk mengisi script command untuk menjalankan program. Sementara Wordpad memilih untuk menjadi alat pemformatan yang lebih kompleks, fungsinya yakni untuk mengedit teks, membaca surat, menyimpan data, dan memeriksa ejaan.

5. Jenis Format File

Format penyimpanan keduanya berbeda dalam notepad di kenal dengan penyimpanan txt sedangkan di dalam Wordpad penyimpanan dasar memakai format .rft. Kalian bisa saja membuka format txt di Wordpad, tetapi jika file Wordpad kalian buka di Notepad, hasil akan menyesuaikan teks standar tidak dengan format yang sudah di simpan dalam Wordpad sebelumnya. Baca juga : Cara Update Microsoft Office

6. Pengembangan Aplikasi

Masing-masing aplikasi mempunyai versi alternatif yang berbeda. Misalnya Notepad mempunyai versi lain yakni Notepad ++ dan Notepad +. Sedangkan Wordpad tersedia aplikasi alternatif yakni Microsoft Word. Seperti yang kalian kenali, Microsoft Word adalah aplikasi sangat berpengaruh dalam proses pengolahan data.

Seperti itulah informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua mengenai perbedaan antara Wordpad dan Notepad. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat serta kalian juga bisa mempergunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!