Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud 2022, Kapan Cair? Berikut Informasinya

Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud

Icolancer.com – Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud 2022 Kapan Cair – Dimana pemerintah akan memberi bantuan langsung dalam bidang pendidikan kepada pelajar yang berhak menerimanya. Bantuan dana itu dinamakan program indonesia pintar.

Dana PIP yang cair pada bulan April 2022 akan mendapatkan besaran dana yang beragam sesuai jenjang pendidikan. PIP merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Cek PIP 2022 Kapan Cair?

Dana Program Indonesia Pintar akan dibagikan kepada peserta didik dari jenjang SD, SMP dan SMA. Bantuan ini diberikan senilai Rp 1 juta kepada siswa yang kurang mampu, selain bantuan berupa uang tunai siswa juga akan mendapatkan perluasan akses serta kesempatan belajar bagi yang kurang mampu.

program ini dapat tersalurkan dengan baik terhadap siswa-siswa yang memang sangat membutuhkan. Bantuan PIP ini disalurkan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Proses pencairan dimulai sejak tanggal 11 April kemarin, serta disusul tahap dibuka kembali tanggal 1 Mei PIP cair. Baca ini : Harga Tiket Konser The Script Greatest Hits Tour

Cara Cek Penerima Bantuan PIP 2022

Cara cek Penerima Bantuan PIP 2022 sangatlah mudah sekali, kalian bisa melihat beberapa cara yang akan kami berikan. Berikut ini merupakan beberapa cara supaya bisa mencek Penerima Bantuan PIP 2022 sebagai berikut :

  1. Pastikan perangkat tersambung ke internet.
  2. Lalu buka browser dan cari alamat situs pip.kemdikbud.go.id.
  3. Kemudian buka situs, geser layar ke bawah dan cari fitur Cari Penerima PIP.
  4. Masukkan NISN, tanggal lahir, berikut juga nama ibu kandung.
  5. Tekan tombol Cari.

Cara Pencairan Dana PIP

Dalam melakukan pencairan dana bantuan PIP bisa menggunakan dua cara, yaitu diambil perorangan dan kolektif. Jika perorangan kalian datang langsung ke bank yang sudah ditunjuk pemerintah sambil membawa bukti pendukung yang sah. Baca juga : Cara Membayar PDAM Lewat Livin Mandiri

Sementara pengambilan dana secara kolektif, dapat dilakukan apabila peserta didik berada di wilayah yang transportasinya sulit menjangkau bank. Jika diserahkan ke sistem kolektif dari pihak sekolah juga nantinya akan diserahkan ke peserta didik.

Jika mengambil dana sendiri ke bank, perlu juga untuk kalian ketahui bahwa bank yang melayani hanyalah BRI dan BNI. Tepatnya untuk pemegang KIP jenjang SD/SMP/SMK/Paket A&B dapat mencairkan dana PIP di BRI. Sedangkan untuk pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya di BNI.

Nah, seperti itulah informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua mengenai Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud 2022 Kapan Cair. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat serta kalian juga bisa mempergunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!