Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Akibat Sering Main Gadget

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur Akibat Sering Main Gadget

Icolancer.comCara Mengatasi Penglihatan Kabur – Bukan rahasia lagi bahwa gadget telah mendominasi aktivitas kita sehari-hari. Baik handphone untuk saling bertukar pesan, komputer untuk bekerja, maupun laptop untuk browsing, ada saja kegiatan yang membutuhkan penggunaan gadget.

Meski menguntungkan, tak bisa dipungkiri bahwa keberadaan gadget juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Mata yang tak lepas dari gadget akan mudah lelah dan sering mengalami penglihatan kabur. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Penglihatan Kabur

Penyebab Penglihatan Kabur

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasinya, sebaiknya pahami dulu penyebab dari penglihatan kabur. Penglihatan kabur adalah kondisi penurunan kemampuan mata dalam melihat benda secara detail. Yang perlu diwaspadai, penglihatan kabur bisa jadi merupakan gejala awal kelainan refraksi mata.

Tergolong keluhan visual yang ringan, jangan remehkan penglihatan yang kabur. Penurunan ketajaman penglihatan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, pada kondisi tertentu, penglihatan yang kabur mampu membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Maka dari itu, perlu upaya dalam mengatasi penglihatan kabur agar tak melanjut menjadi gangguan yang lebih serius.

Baca juga : Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur

Cara Mengatasi Penglihatan Kabur

Penglihatan yang kabur bisa jadi merupakan gejala gangguan refraksi mata. Gangguan refraksi mata, antara lain rabun dekat (hipermetropi), miopi (rabun jauh), dan juga silinder (astigmatisme). Tak ingin melanjut menjadi gangguan mata yang serius, ini dia beberapa cara mengatasi penglihatan yang kabur.

Menghindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Memainkan ponsel atau gadget lainnya sebelum tidur adalah salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Cahaya yang dipancarkan gadget akan langsung jatuh ke mata saat kamu memainkannya pada posisi berbaring. Hal ini menyebabkan mata bekerja keras dalam mengatur intensitas cahaya yang masuk ke mata.

Mata yang terlalu keras bekerja menyebabkan kondisi mata menjadi lelah. Saat kamu tidur dalam kondisi mata lelah, maka mata menjadi kabur dan berat ketika bangun. Jadi, usahakan untuk menghindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Memakai Kacamata atau Lensa Kontak yang Sesuai

Menggunakan kacamata saat beraktivitas memang lah tidak nyaman. Namun, penggunaan kacamata dapat meminimalisir penglihatan kabur yang bisa disebabkan oleh refraksi mata. Sebelum kondisi mata semakin parah, sebaiknya kamu menggunakan kacamata yang sesuai dengan kondisi matamu.

Penggunaan kacamata kerap dianggap tidak nyaman dan tidak stylish. Bagi kamu yang tak ingin menggunakan kacamata, sebaiknya menggunakan lensa kontak. Lensa kontak yang sesuai dengan kondisi mata dianjurkan agar tidak memunculkan gangguan mata yang lebih parah. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan lensa kontak dan juga menggantinya secara rutin.

Mengistirahatkan Mata di Sela Aktivitas

Terlalu fokus pada satu titik secara intens rupanya dapat membuat mata menjadi mudah lelah. Maka dari itu, mengistirahatkan mata di sela aktivitas adalah solusi penting agar mata tidak kabur. Cara ini sangat dianjurkan, terutama bagi kamu yang bekerja dengan mengandalkan gadget.

Cara mengistirahatkan mata pun sederhana, kamu cukup mengalihkan pandangan pada arah lain selama beberapa detik agar mata tidak jenuh. Selain itu, kamu juga bisa beranjak dari tempat duduk dan melihat-lihat suasana sekitar agar penglihatan semakin segar.

Pijat Daerah Mata

Tahukah kamu bahwa pijatan pada daerah mata dengan lembut dapat mencegah penglihatan kabur? Cara ini akan membuat otot-otot mata yang semula tegang menjadi rileks kembali. Memijat mata tidaklah susah, cukup berikan pijatan lembut pada daerah mata dengan pelan menggunakan telunjuk.

Konsumsi Vitamin A

Selain menjaga kesehatan mata dari luar, kamu juga harus menjaga kesehatan mata dari dalam dengan memenuhi nutrisinya. Vitamin A adalah vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Makan-makanan yang mengandung vitamin A atau mengonsumsi vitamin A yang dijual secara komersil dapat membantu memelihara kesehatan mata.

Beberapa makanan yang baik bagi mata, antara lain tomat, apel, dan wortel. Selain vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E juga penting karena kandungan antioksidannya. Antioksidan ini memiliki peran dalam menangkal radikal bebas.

Baca juga : Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Latihan Mata untuk Menghindari Penglihatan Kabur

Latihan Mata untuk Menghindari Penglihatan Kabur

Agar ketajaman penglihatan tetap terjaga, mata perlu dilatih agar tetap berfungsi secara normal. Jadi, bagaimana cara melatih mata agar terhindar dari penglihatan kabur?

Melihat Benda dari Jauh dan Dekat

Latihan pertama yang dapat menjaga matamu tetap tajam adalah dengan melihat benda dari jarak jauh dan dekat. Caranya sederhana, cukup gerakkan benda apa pun mendekati dan menjauhi matamu secara berulang. Latihan ini bertujuan untuk melatih fokus mata yang mungkin berkurang akibat aktivitas harian.

Senam Mata

Selain melihat benda dari jauh dan dekat, latihan lain yang bisa kamu lakukan adalah senam mata. Senam mata dapat kamu lakukan dengan cara menggerakkan bola mata secara teratur ke kanan, kiri, atas, bawah, dan berputar secara berulang. Latihan ini memiliki tujuan untuk kembali melumasi mata yang kering karena terlalu fokus pada satu titik pandang.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Gangguan Mata yang Ditandai Dengan Penglihatan Kabur

Gangguan Mata yang Ditandai Dengan Penglihatan Kabur

Seperti yang dijelaskan di atas, penglihatan kabur bisa jadi merupakan indikasi terjadinya penyakit lain. Selain refraksi mata, penglihatan kabur juga dialami oleh orang-orang yang menderita infeksi mata. Kaburnya penglihatan saat infeksi adalah pengaruh dari adanya agen infeksi, seperti jamur, bakteri, atau virus.

Selain infeksi mata, penglihatan kabur juga terjadi pada penderita katarak akibat buramnya lensa mata. Lensa mata yang buram akan menghalangi cahaya masuk ke retina. Hal ini juga terjadi pada penderita diabetes yang berisiko mengalami retinopati diabetik, yaitu kerusakan saraf retina dan pembuluh darahnya, sehingga penglihatan menjadi kabur.

Baca juga : Penyebab Migrain

Demikian informasi mengenai cara mengatasi penglihatan yang kabur. Jangan segan untuk memeriksakan mata secara rutin ke dokter mata agar gangguan pada mata dapat diketahui sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat dan jagalah kesehatan matamu dengan baik.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *