Cara Menghitung THR 2022, Cek disini Caranya

Cara Menghitung THR

Icolancer.com – Cara Menghitung THR 2022 – Ketika mendekati hari raya idul fitri, maka salah satu hal yang paling ditunggu tentu saja adalah THR. Karena hal ini memang menjadi momen para pekerja khususnya untuk mendapatkan tunjangan hari raya demi mencukupi kebutuhan lebaran yang biasanya akan menghabiskan cukup banyak uang.

Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung, berapa sih jumlah THR yang seharusnya kalian terima ditahun 2022 tersebut, pasti kalian penasaran serta bertanya bagaimana rumus untuk menghitung jumlah THR berdasarkan gaji yang kalian miliki? Hal ini merupakan yang sangat wajib banget kalian ketahui, agar mendapatkan hak sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. Baca ini : Jadwal Operasional Ekspedisi Selama Libur Lebaran

Apa Itu THR?

THR atau Tunjangan Hari Raya ini merupakan salah satu pendapatan di luar gaji atau upah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan ataupun tempat kerja kalian pada saat menjelang hari raya keagamaan. Karena itulah THR bukan hanya ada di saat menjelang hari raja idul fitri saja.

Penganut agama lain di Indonesia juga berhak menerima THR apabila sudah mendekati hari raya keagamannya masing-masing. Berikut ini merupakan beberapa THR yang wajib di dapatkan setiap karyawan selama bekerja di sebuah perusahaan sebagai berikut :Hari raya idul fitri untuk pekerja beragama Islam.

  • Hari raya natal untuk pekerja beragama Kristen Katolik dan Protestan.
  • Hari raya nyepi untuk pekerja beragama Hindu.
  • Hari raya waisak untuk pekerja beragama Budha.
  • Hari raya imlek untuk pekerja beragama Konghucu.

Cara Menghitung THR

Berdasarkan Permenaker no. 6 Tahun 2016, setiap para pekerja yang sudah bekerja lebih dari satu bulan terus menerus, maka akan berhak menerima THR. Karena pada pasal 3 ada beberapa cara menentukan jumlah THR yang harus dibayarkan. Berikut ini merupakan beberapa cara menentukan jumlah THR yang harus dibayarkan sebagai berikut :

  1. Apabila telah bekerja minimal 12 bulan secara terus menerus dengan jumlah THR sebesar 1 bulan gaji.
  2. Pekerja yang baru bekerja 1 bulan terus menerus tapi kurang dari 12 bulan, maka jumlah THR sesuai masa kerjanya.
  3. Bagi para pekerja harian lepas yang sudah bekerja lebih dari 12 bulan, maka THR dihitung berdasarkan upah rata-rata dalam 12 bulan sebelum hari raya keagamaan.
  4. Bagi para pekerja harian lebar yang bekerja kurang dari 12 bulan, maka THR dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima setiap bulan selama masa kerjanya.

Mengenai contoh untuk menghitung THR Hari Raya tersebut, kalian bisa melihat beberapa cara yang akan kami berikan. Berikut ini merupakan contoh yang bisa kalian ikutin untuk menghitung THR yang harus diterima selama Hari Raya sebagai berikut :

  1. Budi bekerja di sebuah perusahaan dengan gaji sebesar 5 juta rupiah. Ia baru bekrja disana selama 3 bulan, maka THR yang harusnya ia terima adalah Masa kerja/12 bulan x gaji per bulan = THR, 3 bulan/12 bulan x 5.000.000 = THR, 1/4 x 5.000.000 = THR, THR = 1.250.000. Maka jumlah THR yang berhak diterima oleh Budi selama bekerja di peusahan tersebut selama 3 bulan adalah 1.250.000.

Baca juga : Twibbon Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022

Uang THR Untuk Apa?

Mendapatkan THR tentu akan membuat siapa saja senang. Namun kita juga harus bijak dalam menggunakan uang tunjangan tersebut untuk apa. Karena nyatanya masih banyak orang yang menghamburkan THR yang mereka terima untuk hal-hal kurang penting. Padahal sebaiknya THR dipakai untuk sesuatu yang lebih bermanfaat sebagai berikut :

  1. Membayar Sisa Hutang
  2. Belanja Kebutuhan Lebaran
  3. Ditabung Saja

Nah, seperti itulah informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua mengenai Berapa THR yang Harus di Terima Tahun 2022. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat serta kalian juga bisa mempergunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!