Cara Tarik Siswa Baru di Aplikasi Dapodik 2023, Cek disini

Cara Tarik Siswa Baru di Aplikasi Dapodik

Icolancer.comCara Tarik Siswa Baru di Aplikasi Dapodik 2023 – Dimana kali ini kami akan membahas dan memberikan penjelasan mengenai pengoprasian salah satu aplikasi terbaru dari Kemendikbud yaitu aplikasi Dapodik versi 2023 mengenai cara menarik siswa baru Dapodik 2023.

Pada saat ini di Indonesia sedang masuk ke tahun ajaran baru, artinya para peserta didik akan masuk ke semester 1 di setiap jenjang pendidikan mulai dari dasar, menengah, atas, dan juga tinggi. Para peserta didik akan memulai kembali kelas baru mereka pada pembelajaran semester 1 yang akan ditempuh dengan sebaik mungkin, karena tidak seperti Amerika yang memulai tahun ajaran baru pada awal tahun. Indonesia menerapkan tahun ajaran baru setiap di pertengahan tahun yaitu di bulan Agustus.

Tentang Penarikan Data Siswa Baru Dapodik 2023

Seperti yang telah cukup dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa pendidikan di Indonesia mengharuskan data yang jelas dari setiap siswa atau muridnya, hal ini akan dikelola dan diurus oleh pihak operator sekolah atau staf tata usaha sekolah.

Baca ini bro :

Data tersebut diperlukan agar bisa terdaftar nama setiap murid, sehingga kebagian pusat sebagai bukti bahwa siswa tersebut telah menempuh pendidikan sesuai dengan data yang ada. Kemendikbud telah melakukan pembaruan pada aplikasi mereka yaitu aplikasi Dapodik menjadi versi 2023 yang mengharuskan pembaruan atau pengolahan kembali data siswa.

Tentunya akan sedikit membuat bingung mengenai cara untuk bisa menarik data dari siswa baru ke aplikasi Dapodik versi 2023. Jika data tidak bisa dibuat ulang serta harus mengambil atau menarik data yang sudah ada atau sudah terdaftar tadi.

Cara Tarik Data Siswa Pada Aplikasi Dapodik 2023

Cara menarik data siswa pada Aplikasi Dapodik 2023 sangatlah mudah sekali, kalian bisa melihat beberapa cara yang akan kami berikan. Berikut ini merupakan beberapa cara supaya bisa menarik data siswa pada Aplikasi Dapodik 2023 sebagai berikut :

  1. Kalian dapat masuk ke Browser, cari dengan kata kunci Manajemen sekolah SSO Dapodik atau situs sso.datadik.kemendikbud.go.id.
  2. Kemudian masuk dengan menggunakan akun kalian.
  3. Selanjutnya pilih menu aplikasi, tekan PD baru, pilih menu Dapodik.
  4. Setelah itu masukkan domisili siswa mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Nama sekolah, serta tahun lulus dari data siswa yang akan ditarik.
  5. Tekan centang pada data siswa baru yang masuk ke sekolah tempat kalian bekerja.
  6. Kalian perlu memastikan setiap data siswa sudah benar dan sesuai dengan siswa yang masuk ke sekolah tempat kalian bekerja.
  7. Terakhir tekan daftar, secara otomatis data siswa akan ditarik ke Dapodik 2023.

Nah, seperti itulah informasi yang dapat kami berikan kepada kalian semua mengenai Cara Tarik Siswa Baru di Aplikasi Dapodik 2023. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat serta kalian juga bisa mempergunakan informasi tersebut dengan sebaik mungkin.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!