Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Pada Tahun 2020.

Universitas Terbaik di Indonesia

icolancer.com – Daftar Universitas Terbaik – Dimana beberapa institusi telah merilis peringkat kampus terbaik versi masing-masing. Pada akhirnya yang ditunggu-tunggu pemeringkatan resmi 2020 dari Kemendikbud telah rilis yang melibatkan 2.136 kampus di Indonesia.

Kini Pemerintah secara resmi mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi. Tahun ini pengumuman klasterisasi perguruan tinggi dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi ( Dirjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol tersebut mendasarkan penilaiannya dari 4 aspek, yakni Presence, Visibility, Transparency, dan Excellence.

Dari 4 komponen tersebut, aspek Visibility atau jumlah jaringan eksternal yan terhubung ke laman web institutusi, merupakan yang paling banyak bobot penilaiannya, yakni 50 persen dari total bobot keempat aspek.

Baca juga ini : Rekomendasi Apk belanja online

Berdasarkan penilaian tersebut, berikut ini perguruan tinggi negeri terbaik dari Indonesia :

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas dengan 14 fakultas dan program vokasi yang terletak di Depok, Jawa Barat dan Jakarta ini bukan hanya kali pertama menempati peringkat wahid untuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Setidaknya, dari laman UI diketahui selama 2008-2016 Kampus Kuning ini berhasil menyabet 8 peringkat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, baik dari THES dan QS.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ada di Yogyakarta. Universitas dengan 18 fakultas dan 2 sekolah ini memiliki 256 program studi.

Kampus ini memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau UNAIR mungkin paling pas jika disebut sebagai universitas terbaik di Surabaya. UNAIR terkenal sebagai kampus yang memiliki kredibililtas dan moralitas tinggi serta salah satu universitas terbaik di Jawa Timur.

Baca juga ini : Mobil perang terbaru

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Awalnya, USU berasal dari Yayasan Universitas Sumatera Utara yang berdiri pada 4 Juni 1952. Pada tahun 40-an akhir, Gubernur Abdul Hakim berinisiatif mengimbu rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk mendirikan universitas.

Hingga akhirnya universitas itu berhasil terbentuk dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Sokarno pada 20 November 1957 sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia.

5. Universitas Brawijaya

Tidak mau ketinggalan dari universitas di surabaya, Universitas Brawijaya juga menjadi salah satu universitas terbaik di Jawa Timur. Universitas Brawijaya atau UB didirikan di tahun 1963 dan terletak di kota Malang. Dulunya singkatan universitas ini adalah UNIBRAW, namun kemudian disederhanakan lagi menjadi UB sampai sekarang.

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB selama ini dikenal sebagai satu institusi perguruan tinggi bidang teknik yang paling baik di Indonesia. Institusi pendidikan yang terletak di Kota Bandung ini merupakan sekolah tinggi teknik tertua di Indonesia yang berdiri sejak 2 Maret 1959.

Tidak hanya di ranah teknik, Kampus Ganesha ini sekarang sudah memiliki fakultas di luar bidang teknik, yakni ekonomi dan kualitasnya sama-sama diperhitungkan.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Satu lagi kampus negeri di Surabaya yang masuk 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia, apa lagi kalau bukan ITS. Singkatan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan terletak di daerah Sukolilo, Surabaya. Pertama didirikan di tahun 1957, ITS berfokus untuk mengembangkan bidang teknologi dan maritim Indonesia.

Baca juga ini guys : Merk Jam tangan terbaik

8. Universitas Diponegoro

Universitas diponegoro awalnya didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan tinggi, khususnya bagi masyarakat Jawa Tengah di bagian utara.

Pada awal tahun 50-an, universitas negeri di Jawa Tengah dan DIY hanyalah ada UGM, sehingga tidak mampu menampung seluruh tamatan SMA di wilayah tersebut. Universitas diponegoro awalnya bernama Universitas Semarang, namun diubah menjadi Universitas Diponegoro pada 9 Januari 1960 oleh Presiden Soekarno.

9. Institut Pertanian Bogor

Institut Pembangunan Bogor adalah perguruan tinggi berbentuk institut yang berada di provinsi Jawa Barat, tepatnya di kota Bogor. IPB lebih berfokus di bidang pertanian, meski banyak juga jurusan non-agragris. IPB konsisten masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia di peringkat 10 besar.

10. Universitas Telkom University

Telkom University yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom menjadi perguruan tinggi terbaik ke-5 di Indonesia, sekaligus perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik berdasarkan pemeringkatan Webometrics, Juli 2020.

Berada di Kota Bandung, Jawa Barat Tel-U saat ini mencatat memiliki total 800 tenaga pendidik alias dosen dengan 28.789 mahasiswa sejak didirikan pada 2013. Tel-U hingga saat ini masih bertekat dan mewujudkan mimpi menjadi universitas penelitian dan kewirausahaan di Indonesia.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *