Jenis Ikan yang Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Jenis Ikan yang Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Icolancer.comJenis Ikan yang Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung – Jika kamu salah  satu penderita kolesterol dan penyakit jantung. Tentu kamu ingjn tahu makanan apa saja yang diperbolehkan untuk penderita kolesterol jantung. Kolesterol yang tinggi sangat rentan dengan makanan tinggi kadar purin serta kadar lemak. Jika seafood merupakan makanan yang pantang, karena tinggi akan purin  begitu juga dengan ikan

Tapi purin serta lemak yang dimiliki berbagai jenis ikan tentu saja berbeda-beda. Ada beberapa ikan yang tknggi akan kandungan purin sehingga menjadi pantangan bagi orang-orang penderita kolestrol dan penyakit jantung. Lalu, apa saja jenis ikan yang cocok bahkan bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung? Berikut ini jenis ikan yang dapat menurunkan resiko penyakit jantung

Ikan Haddock

Ikan Haddock

Ikan haddock menjadi salah satu jenis ikan yang hidup di air laut. Ikan ini ternyata cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung karena kandungan purin serta lemak yang masih didalam batas wajar, hanya mengandung sekitar 139mg/100gr purin, kandungan omega 3 pun cukup tinggi. Walaupun begitu, saat mengonsumsi ikan haddock tidak boleh berlebihan kamu harus membatasi diri agar kolestrol tidak tinggi.  Pengolahannya pun pelru kamu perhatikan supaya tidak merusak nutrisi yang ada di dalamnya. Ikan haddock sangat rendah lemak serta rendah merkuri yang sangat cocok  untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga : Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolestrol

Ikan Salmon

Ikan Salmon

Salah satu rekomendasi ikan buat penderita kolesterol dan menurunkan risiko pengakit jantung ikan salmon, kandungan dalam ikan ini sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon kaya akan omega 3 yang bisa melawan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dan membuatmu terhindar dari risiko penyakit jantung serta serangan stroke. Ikan salmon juga mempunyai kadar purin yang rendah dan sangat aman bila dikonsumsi penderita asam urat.

Kandungan omega 3 dibutuhkan oleh tubuh, terutama anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan meembutuhkan untuk menutrisi otak. Dengan omega 3, susunan saraf otak pada anak-anak akan bekerja lebih baik. Tidak hanya itu, omega 3 juga mempunyai banyak peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, seperti untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menghambat berkembangnya beberapa jenis sel kanker, membantu para penderita asma, penyakit kulit, rematik komplikasi diabetes, serta mmasih banyak lagi. Ikan salmon juga sangat cocok dijadikan sebagai menu diet bagi penderita kolesterol tinggi dan asam urat.

Baca juga : Penyebab dan Pencegahan Osteoporosis

Ikan Bawal

Ikan Bawal

Ikan bawal salah satu jenis ikan yang bisa dikonsumsi penderita kolesterol tinggi serta dipercaya mmampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Ini dikarenakan kandungannya rendah lemak dan purin masih dalam tahap wajar selama tidak dikonsumsi berlebihan. Kandungan nutrisi pada ikan bawal yaitu omega 3 sebesar kalori 96 kkal, lemak 1,7 gr, protein 19 gr, kalsium 20 mg, kolesterol 44 mg, fosfor 150 mg dan zat besi 2 mg, Ikan bawal juga memiliki banyak manfaat, seperti mencegah stroke, mengontrol kadar kolestrol, menurunkan risiko penyakit jantung, serta mengatasi anemia, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Penyebab Migrain

Ikan Mujair

Ikan Mujair

Ikan mujair menjadi salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar serta banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Siapa sangka jika kandungan nutrisi dalam ikan mujair mampu meburunkan risiko terkena penyakit jantung. Ikan mujair sangat kaya akan sumber omega 3, selenium fosfor, kalium, mineral, vitamin B-3, vitamin B-5, vitamin B-6 serta vitamin B-12. Banyak yang meragukan jika ikan mujair aman dikonsumsi untuk penderita asam urat dan kolestrol, tetapi sebenarnya kandungan purin dalam ikan mujair tergolong aman bahkan masih sangatlah rendah. Selain itu, ikan mujair sangat aman buat dikonsumsi penderita kolesterol  tinggi.

Tapi kamu harus memperhatikan cara pengolahan ikan mujair agar kandungan gizi di dalamnya tidak rusak. Karena jika salah dalam pengolahan ikan mujair maka kemungkinannya bisa memperburuk kondisi penderita kolesterol dan tidak menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Lebih baik masak ikan mujair dengan cara di kukus ataupun di panggang dan berikan sedikit campuran jeruk nipis dan minyak zaitun. Jangan pernah menggorengnya karena bisa meningkatkan kandungan sodium serta lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubug. Dengan mencampuri ikan mujair menggunakan jeruk nipis dan minyak zaitun bertujuan buat mengurangi kadar sodium dan mdnurunkan kadar purin.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Ikan Kod

Ikan Kod

Ikan Kod merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan laut lepas dan menjadi salah satu ikan laut aman dikonsumsi penderita kolesterol. Ikan kod memiliki kandungan purin serta lemak yang sedikit, hanya sekitar 109 mg/100gr. Ini berarti satu ekor ikan kod seberat 100 gr hanya memiliki kadar purin dan lemak 109 mg. Ini termasuk ke dalam kategiri makanan yang rendah akan purin dan lemak

Ikan kod juga kaya akan omega 3 sehingga mempunyai banyak manfaat serta berkhasiat baik bagi tubuh. Nutrisi didalam ikan kod yaitu, sumber omega 3 serta omega 6, vitamin A dan D, serta berkhasiat menurunkan risiko terkena penyakit jantung, mengatasi asam urat, mencegah kerusakan ginjal, mencegah hipertensi, menurunkan berat badan, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Ikan Sembilang

Ikan Sembilang

Ikan sembilang adalag kategori ikan cukup sulit dicari tapi banyak manfaat yang tidak banyak diketahui orang. Ikan ini sangat aman dikonsumsi penderita asam urat serta kolesterol akibat kadar purin serta kandungan lemak yang masih tahap aman. Manfaat ikan sembilang antara lain mengurangi rasa nyeri saat haid, membantu proses kehamilan, membantu pembentukan sel otak, menurunkan tekan darah,  serta masih banyak lainnya. Kandungan nutrisi dalam ikan sembilang yaitu fosfor, protein, omega 3, dan sebagainya.

Ikan Nila

Ikan Nila

Ikan nila menjadi salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar serta banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Siapa sangka jika kandungan nutrisi dalam ikan nila mampu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Ikan nila sangat kaya akan sumber omega 3, selenium fosfor, kalium, mineral, vitamin B-3 serta vitamin B-12. Banyak yang meragukan jika ikan nila aman dikonsumsi untuk penderita asam urat dan kolestrol, tetapi sebenarnya kandungan lemak dalam ikan nila tergolong aman bahkan masih sangatlah rendah. Selain itu, ikan nila sangat aman buat dikonsumsi penderita kolesterol  tinggi.

Tapi kamu harus memperhatikan cara pengolahan ikan nika agar kandungan gizi di dalamnya tidak rusak. Lebih baik masak ikan nila dengan cara di kukus ataupun di panggang dan berikan sedikit campuran jeruk nipis dan minyak zaitun. Jangan pernah menggorengnya karena bisa meningkatkan kandungan sodium serta lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubug. Dengan mencampuri ikan mujair menggunakan jeruk nipis dan minyak zaitun bertujuan buat mengurangi kadar sodium dan menurunkan kadar purin.

Selain mengetahui jenis-jenis ikan yang cocok untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kamu juga harus memahami cara pengolahannya agar tidak merusak kandungan nutrisi dan justru meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *