Ini Dia, Gunung Api Tertinggi di Indonesia

Gunung Api Tertinggi di Indonesia

icolancer.com – Gunung Api Tertinggi di Indonesia – Sebagian besar di Indonesia memiliki banyak Gunung-gunung tetapi lain dengan yang kita bahas kali ini, ya saat ini kita bahas dengan Gunung Api yang tertinggi di Indonesia.

Gunung berapi atau gunung api merupakan istilah yang dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida pana (batuan dalam wujud cair atau lava) yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus. Ada begitu banyak gunung berapi yang bisa kita jumpai di Indonesia. Gunung berapi yang jumlahnya berlimpah itu terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Berikut dibawah ini yang terdaftar Gunung Api Aktif yang tertinggi di Indonesia,

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci atau dikenal sebagai Gunung Gedang (Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak tepat di perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Sumatra Barat.

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatra. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.

Baca juga ini : Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Gunung Talang

Gunung Talang (Salasi atau Sulasi) merupakan gunung berapi yang terletak terletak di kabupaten Solok, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Gunung Talang berlokasi sekitar 9 km dari kota Arosuka ibu kota kabupaten Solok, dan sekitar 40 km sebelah timur kota Padang.

Gunung ini bertipe stratovolcano dengan ketinggian 2.597 m, merupakan salah satu dari gunung api aktif di Sumatra Barat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang sudah pernah meletus berkali-kali sejak tahun 1833 sampai dengan tahun 2007.

Baca juga ini : 10 Tempat yang Horor di Bandung

Gunung Dempo

Gunung berapi setinggi 3.173 meter ini terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu, atau lebih tepatnya di Pagaralam. Untuk mencapai lokasi Gunung Dempo, Anda bisa melalui perjalanan darat dari Palembang sejauh lebih kurang 7 jam. Jika dilihat dari bentuknya, gunung ini tergolong stratovulkan. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2009 silam

Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Pura Besakih, yang merupakan salah satu Pura terpenting di Bali, terletak di lereng gunung ini.

Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang kadang-kadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari Pura Besakih gunung ini tampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.

Baca juga ini :  Rekomendasi Apk belanja online

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat, letaknya di antara Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Gunung Ciremai berasal dari kata Cereme ini sering pula disebut sebagai atapnya bumi pasundan. Hal ini tak lain karena gunung ini merupakan tertinggi di Jawa Barat yakni 3.078 mdpl.

Gunung Ciremai termasuk gunung api Kuarter aktif, tipe A yakni gunung api magmatik yang amsih aktif sejak tahun 1600, dan berbentuk strato. Gunung ini memiliki kawah ganda yaitu kawah barat yang beradius 400 m, terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan terdapat titik letusan yang dimakan Gowa Walet.

Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Gunung Marapi

Gunung Marapi (Merapi atau Berapi) adalah gunung berapi yang terletak di Sumatra Barat, Indonesia. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatra. Terletak dalam kawasan Kabupaten Agam. Gunung ini dapat juga dilihat dari kota Bukittinggi, kota Padangpanjang dan kabupaten Tanah Datar dan memiliki ketinggian 2.891 m. Gunung Marapi sudah meletus lebih dari 50 kali sejak akhir abad 18.

Baca juga ini : Peluang usaha di masa pandemi covid-19

Gunung Peuet Sague

Gunung Puet Sague adalah sebuah gunung berapi yang terletak di wilayah Meureudu, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, Indonesia. Gunung ini menjulang tinggi dengan empat buah puncak. Gunung ini memiliki ketinggian 2780 di atas permukaan laut dengan posisi geografis berada pada 4 0 – 55 1/2 0 Lintang Selatan dan 96 0 – 20 0 Bujur Timur.

Gunung Talakmau

Gunung Talakmau memiliki tinggi mencapai 2.919 meter dan terletak di Sumatera Barat. Jika dilihat dari bentuknya, Talakmau termasuk gunung berapi kompleks. Gunung yang juga dikenal dengan sebutan Talamau atau Ophir, ini adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat. Karena termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif, gunung berapi ini tidak berbahaya bagi penduduk yang tinggal di dekatnya.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *