Memahami Investasi Bitcoin Beserta Layanan Untuk Investasi

Memahami Investasi Bitcoin Beserta Layanan Untuk Investasi

Icolancer.comInvestasi Bitcoin – Sejak bertahun-tahun yang lalu, investasi telah menjadi trend bagi banyak kalangan bahkan saat ini kalangan milenial yang notabene masih menjadi kaum pemula tampaknya sudah memiliki ketertarikan dalam dunia investasi. Seperti yang kita ketahui jika ada banyak sekali pilihan jenis untuk berinvestasi. Hal itu dikarenakan perkembangan teknologi yang mengalami kemajuan. Salah satu investasi yang saat ini banyak digemari oleh kaum milenial adalah investasi berbentuk digital Cryptocurrency atau yang lebih dikenal dengan investasi bitcoin.

Sebetulnya, nama Bitcoin sudah dikenal lama oleh banyak orang dimana berinvestassi dengan Bitcoin akan mendapatkan keuntungan yang begitu menggiurkan. Hal itu dikarenakan valuasi mengalami peningkatan dari waktu ke waktu secara luar biasa. Di negara Indonesia sendiri, ada banyak basis pengguna dan beberapa perusahaan yang menjadi platform jual beli khusus untuk bitcoin. Dengan demikian, banyak yang menganggap jika bitcoin menjadi salah satu instrumen baru untuk berinvestasi yang sangat potensial dalam memperoleh keuntungan yang besar.

Perlu diketahui bahwa saat ini investor bitcoin tidak hanya berasal dari kaum pemula dan berpengalaman. Ada pula investor bitcoin terdiri dari golongan khusus untuk kaum milenial, pengguna awal, HODLer, dan lainnya. Hal itulah yang menjadi faktor investasi bitcoin banyak dilirik orang hanya dalam kurum waktu sekitar 12 bulan. Bagi Anda yang memang memiliki ketertarikan untuk berinvestasi dari jenis instrumen investasi lainnya, perlu dicoba untuk berinvestasi dengan bitcoin. Namun sebelum itu, carilah terlebih dahulu informasi mengenai investasi bitcoin agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Untuk mempermudah Anda dalam mencari informasi, berikut ini akan diulas mengenai apa itu investasi bitcoin beserta jenis layanan untuk investasi bitcoin. Penasaran kan? maka, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Jenis Investasi

Apa itu Investasi Bitcoin?

Apa itu Investasi Bitcoin?

Bitcoin termasuk salah satu jenis mata uang virtual atau Cryptocurrency yang telah diperdagangkan di berbagai negara di dunia, terutama di Indonesia. Bahkan investasi ini menjadi salah satu tren investasi menarik yang banyak digemari oleh masyarakat karena harganya yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Bitcoin adalah uang elektronik yang digunakan untuk bertransaksi atau investasi secara global. Di negara Amerika Serikat, bitcoin dikenal sebagai mata uang terdesentralisasi. Jadi dapat dikatakan bahwa di Amerika Serikat, bertransaksi menggunakan bitcoin dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

Bitcoin dirilis pertama kali oleh sebuah tim yang bernama Satoshi Nakamoto pada bulan Januari 2009. Akan tetapi, sebetulnya bitcoin ini sudah ada sejak tahun 2008. Untuk identitasnya sendiri masih belum diketahui hingga saat ini. Selain sebagai pihak yang merilis bitcoin, Satoshi Nakamoto juga sering dikaitkan dengan perangkat lunak yang dirancang dengan menggunakan jaringan peer to peer tanpa adanya penyimpanan terpusat. Oleh karena itu, bitcoin ini dikendalikan oleh perangkat lunak dengan sistem terbuka sehingga siapapun yang melakukan pengembangan terhadap bitcoin tidak memerlukan perizinan atau memiliki hak cipta.

Dari situlah yang menjadikan bitcoin sebagai alat untuk berbagai transaksi seperti investasi dan pembelian jasa. Saat ini, jual beli bitcoin sudah marak terjadi sehingga menjadikan bitcoin semakin populer. Banyak yang menggemari bitcoin karena harganya yang terus meningkat meskipun kadang juga mengalami kemerosotan. Menurut Coinbase, bitcoin diperjualbelikan pada kisaran harga USD 4.008 atau sekitar Rp 58,12 juta per koin.

Baca juga : Manfaat Asuransi Kendaraan

Hal yang Harus Diperhatikan Para Investor Bitcoin

Hal yang Harus Diperhatikan Para Investor Bitcoin

Bitcoin hadir sebagai pengganti dan pengubah buku-buku kas yang biasanya di lakukan oleh bank. Untuk menjadi seorang investor bitcoin, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para investor bitcoin, diantaranya:

Perhatikan Penyebab Naik Turunnya Harga (Fluktuasi) Bitcoin

Yang namanya investasi, tidak selalu harganya mengalami kenaikan terus menerus, ada kalanya akan mengalami penurunan. Meskipun harga bitcoin menunjukan sinyal positif dengan terus mengalami peningkatan, tidak menutup kemungkinan jika harga bitcoin akan menurun. Naik dan turunya harga bitcoin dapat terjadi secara drastis. Isu global atau faktor fundamental bisa saja menjadi pengaruh buruk terhadap harga bitcoin. Jadi sebelum memutuskan untuk berinvestasi bitcoin, sebaiknya pahamilah kondisi pasar, ketahuilah di waktu mana yang tepat untuk menjual dan membeli bitcoin, dan juga lakukan trading bitcoin agar dapat me;akukan analisa pergerakan harga bitcoin secara matang.

Perhatikan Keamanan Dompet Penyimpanan

Tempat penyimpanan bitcoin di dalam akun yang disebut dengan dompet bitcoin (Bitcoin Wallet). Melalui dompet bitcoin, investor dapat bertransaksi ke mana saja selama terhubung dengan internet. Cara memakainya mirip seperti internet banking. Yang membedakannya hanya tingkat keamanan bitcoin lebih unggul karena transaksi terjadi langsung dari pengirim ke pengirim tanpa adanya pihak ketiga. Investor dapat mendowload aplikasi ini di Google Play Store atau App Store.

Sistem bitcoin memang sangat aman dari pembobolan, tetapi belum tentu dompet bitcoin yang dimiliki aman dari ancaman pembobolan. Setiap dompet bitcoin memiliki berbagai lapisan keamanan dan cara mengamankan yang berbeda. Di dompet bitcoin disediakan opsi dengan menambahkan 2 Factor Authentication (2FA) untuk lapisan keamanan ekstra pada dompet bitcoin yang dimiliki.

Biasanya 2 Factor Authentication (2FA) berupa verifikasi berbentuk pin SMS yang masuk ke dalam nomor handphone yang telah terdaftar ketika membuat akun dompet bitcoin atau pin Goohle Authenticator yang dapat diinstal di laptop maupun smartphone.  Dengan demikian, setiap kali pengguna login ke dompet bitcoin yang dimiliki, harus memasukkan alamat e-mail, pasword dan pin SMS atau pin GA untuk dapat mengakses dompet bitcoin. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanannya, pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan ID dan password akun dompet bitcoin yang dimiliki.

Ketahuilah Merchant yang Menerima Pembayaran Dengan Bitcoin

Pelajarilah lebih lanjut  tentang merchant mana saja di dunia termasuk di Indonesia yang menerima layanan pembayaran dengan bitcoin. Dengan begitu, pengguna akan dimudahkan dalam memanfaatkan bitcoin yang dimiliki.

Pajak dan Regulasi Pemerintah

Memang benar jika saat ini di Indonesia tidak diberlakukan adanya pengaturan vitcoin secara khusus. Akan tetapi, bukan berarti kedepannya tidak diatur sama sekali. Bisa saja di kemudian hari akan diterapkan peraturan pajak penggunaan bitcoin dan lainnya.

Berhati-hatilah Terhadap Penipuan

Jika hanya sekedar ikut-ikutan berinvestasi bitcoin tanpa memahami betul tentang investasi bitcoin, sebaiknya pelajari terlebih dahulu tentang apa itu bitcoin dan bagaimana cara menggunakannua. Pastikan bahwa perusahaan Digital Exchange yang dipilih bukan bagian dari MLM ataupun scam. Hal itu dilakukan untuk menghindari adanya penipuan.

Baca juga : Manfaat Asuransi Perjalanan

Jenis Layanan Untuk Investasi Bitcoin

Jenis Layanan Untuk Investasi Bitcoin

Investasi Bitcoin di INDODAX

INDODAX merupakan situs yang digunakan untuk mendapatkan alamat wallet atau dompet sebagai tempat menyimpan bitcoin. Dulu,  INDODAX dikenal sebagai Bitcoin.co.id termasuk situs untuk investasi bitcoin terpercaya dan resmi di Indonesia. Pendaftarannya dapat dilakukan secara gratis. INDODAX dapat digunakan untuk melayani transaksi bitcoin dan berbagai mata uang kripto lainnya. Pengguna hanya diharuskan untuk memenuhi prosedur seperti pembukaan rekening bank.

Setelah akun disetujui, maka pengguna dapat langsung membeli bitcoin. Sebagai saran, belilah bitcoin selagi harga turun. Hindari ketika harga mengalami kenaikan kecuali digunakan untuk investasi jangka panjang. Biasanya nilai investasi bitcoin akan naik secara signifkan setelah melewati beberapa bulan. Untuk risiko kehilangan, tidak perlu dikhawatirkan. Hal itu dikarenakan investassi dengan bitcoin hampir tidak memiliki risiko sama sekali. Paling sering risiko yang dihadapi adalah harganya yang turun drastis karena membelinya di waktu yang tidak tepat.

 Investasi Bitcoin di Cloud Mining

Selanjutnya, investasi bitcoin terpecaya melalui pembelian di Cloud Mining yang merupakan menyewa penambangan bitcoin yang telah disediakan oleh provider. Untuk Pengguna atau investor hanya tinggal menunggu hasilnya. Biasanya investasi seperti ini dapat dimulai dari harga USD 10-USD 25. Ada yang menawarkan kontrak per tahun, ada juga yang seumur hidup.

Keduanya memiliki perbedaan. Untuk tawaran kontrak seumur hidup cukup sekali membayar dan biaya operasional akan dipotong setiap hari dari bitcoin yang dihasilkan. Sekali bayar, investor akan mendapatkan bagi hasil profit sekitar 50-60% setiap tahun. Untuk mendaftar di Cloud Mining kontrak seumur hidup dapat langsung melalui Minergate dan CCG Mining. Berbicara mengenai risiko, kerugian yang dihadapi dalam investasi bitcoin di cloud mining sangat jarang terjadi. Hal itu dikarenakan biaya operasionalnya  berdasarkan nilai dolar.

Investasi Bitcoin di ICO

Layanan untuk investasi bitcoin ketiga yaitu Initial Coin Offering (ICO) dimana hal ini paling sering menimbulkan risiko berupa kerugian. Hal itu dikarenakan banyaknya website yang menawarkan ICO tetapi proyeknya tidak berjalan sama sekali. Bahkan ada yang ditutup secara tiba-tiba sehingga membawa kabur ratusan bitcoin.

Akan tetapi, ICO dapat juga menguntungkan jika investor mengetahui proyek yang telah direncanakan.  Keuntungan yang didapatkan jika proyek berjalan sukses yaitu investasi yang dilakukan akan menghasilkan bitcoin ratusan kali lipat.

Investasi Bitcoin di Luno

Dulu, Luno dikenal dengan Bitx yang merupakan perusahaan asal London yang menyediakan transaksi jual beli dan investasi bitcoin dan uang-uang kripto lainnya yang berbasis web dan aplikasi untuk pasar di Indonesia.

Investasi Bitcoin di Tokocrypto

Tokocrypto merupakan sebuah layanan untuk transaksi jual beli dan investasi bitcoin dan uang-uang kripto lainnya yang baru saja muncul dan baru berada di tahap Beda Tester.

Jenis Layanan Untuk Investasi Bitcoin

 Nah itulah ulasan mengenai apa itu investasi bitcoin beserta jenis layanan untuk investasi bitcoin. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat khususnya bagi investor yang tertarik untuk berinvestasi berbentuk digital atau yang disebut dengan investasi bitcoin.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *