Mengetahui Manfaat Asuransi Kendaraan dan Cara Mengklaimnya

Mengetahui Manfaat Asuransi Kendaraan dan Cara Mengklaimnya

Icolancer.comManfaat Asuransi Kendaraan – Pencurian mobil yang saat ini sedang sangat marak terjadi. Dengan adanya ini kamu selalu diminta agar selalu waspada karena banyaknya pencurian kendaraan ini dapat terjadi di mana saja serta kapanpun saja. Bahkan disaat ini pencuri ataupum perampok telah sangat berani buat melakukan aksi kejahatan bahkan di siang hari saat jalan sedang ramai. Kendaraan seperti mobil memang sangat dibutuhkan banyak orang terutama untuk orang-orang yang sangat sibuk dan perlu pergi ke beberapa tempat seharian. Kamu tentu akan lebih menghemat banyak waktu jika kamu menggunakan mobilmu sendiri buat mencapai semua tempat.

Ada banyak sekali jenis mobil ataupun kendaraan. Kendaraan saat ini sering dijual dengan harga yang sangat terjangkau bahkan caranya sangat mudah. Tentu saja hal ini yang menyebabkan banyaknya orang memutuskan untuk membeli mobil serta pencurian kendaraan juga semakin marak. Terus apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah pencurian kendaraan ini? Kamu tentu saja tidak ingin kehilangan mobil istimewa kamu begitu saja. Ada beberapa orang berusaha menabung uang guna membeli mobil serta mereka tentu sangat sedih saat kehilangan mobil. Inilah yang membuat kamu perlu melindungi mobil ataupun kendaraan kamu dengan membeli asuransi kendaraan.

Baca juga : Startup Terbaik

Apa itu yang Dinamakan Asuransi Kendaraan?

Apa itu yang Dinamakan Asuransi Kendaraan?

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika kamu ingin melindungi mobil ataupun kendaraan kamu dari aksi pencurian mobil kamu perlu memakai asuransi kendaraan yang sangat banyak ditawarkan hingga saat ini. Sebelum kamu memilih asuransi kendaraan dengan memilih perusahaan asuransi, kamu perlu tahu terlebih dulu apa itu yang dinamakan asuransi kendaraan serta apa saja yang akan dijamin saat menggunakan asuransi ini.

Asuransi ini juga akan melindungi kendaraan selain mobil seperti kendaraan bermotor roda dua yaitu sepeda motor, skuter ataupun jenis lainnya, untuk kendaraan beroda empat ataupun lebih seperti jip, sedan, truk, minibus, bahkan perlengkapan yang menempel di kendaraan kamu juga akan dilindungi. Kalau begitu apa saja resiko yang bisa dijamin kalau menggunakan asuransi kendaraan ini? Berikut kamu akan mendapatkan informasi mengenai resiko yang akan dijamin pihak asuransi ini. Beriku beberapa hal yang akan diamin pihak asuransi untuk kendaraanmu:

  • Terjadinya tabrakan, terbalik, tergelincir bahkan benturan apapun.
  • Perbuatan yang bersifat merusak yang dilakukan oleh pihak lainnya.
  • Pencurian yang dilakukan diikuti kekerasan dan ancaman bahkan pencurian dalam garasi rumah ataupun tempat lainnya.
  • Kebakaran serta kerusakan kendaraan yang terjadi selama perjalanan
  • Biaya Derek yang kamu butuhkan oleh kendaraanmu.

Resiko yang Tidak Akan Dijamin Asuransi Kendaraan

Resiko yang Tidak Akan Dijamin Asuransi Kendaraan

Selain adanya resiko yang akan dijamin pihak perusahaan asuransi di atas misalkan karena pencurian mobil, biasanya perusahaan asuransi akan memberikan daftar tentang resiko yang tak dijamin oleh pihak asuransi. Berikut beberapa resiko yang tidak dijamin oleh pihak asuransi:

  • Kerugian akibat karena masalah penggelapan mobil ataupun kendaraan
  • Kelebihan muatan yang merusak kendaraan
  • Bencana alam dan juga peperangan
  • Pengemudi tidak mempunyai surat yang jelas dan melanggar aturan lalu lintas
  • Kerusakan apa pun yang tidak ada di polis
  • Kehilangan akibat kelalaian sendiri

Itulah beberapa resiko yang akan dijamin serta tidak akan dijamin oleh pihak asuransi. Selain informasi tersebut, saat kamu memilih perusahaan asuransi buat mendapatkan asuransi kendaraan, kamj harus lebih berhati-hati. Tidak semua ini dijelaskan dengan lengkap pihak asuransi sehingga kamu harus bertanya serta mendapatkan penjelasan lebih jauh. Tentu saja ini akan menghindarkanmu dari menyetujui hal yang tidak kamu ketahui ataupun tidak kamusadari. Ada baiknya juga kamu membandingkan beberapa asuransi agar bisa mendapatkan tempat terbaik buat melindungi kendaraan kamu dari tindakan kejahatan mulai dari pencurian mobil ataupun hal buruk lainnya.

Resiko yang Tidak Akan Dijamin Asuransi Kendaraan

Klaim  asuransi kendaraan menjadi salah satu upaya dari pemegang polis di saat kamu meminta ganti rugi pada perusahaan asuransi dikarenakan terjadi pencurian ataupun kecelakaan terhadap mobil serta kendaraan yang telah diasuransikan. Akan lebih baik jika kamu tahu seputar prosedur pengajuan klaim mengenai asuransi mobil untuk pemegang polis.

Saat mobilmu telah hilang akibat dicuri ataupun mengalami kecelakaan, tentu saja hal pertama yang perlu dilakukan adalah langsung menghubungi pihak perusahaan asuransi. Disarankan untuk segera menghubungi dalam waktu 3×24 jam. Kamu bisa menghubungi pihak asuransi melalui telepon, SMS, email ataupun bisa datang langsung ke kantor asuransi. Tentu saja ini harus diprioritaskan buat menghindari penolakan dengan klaim asuransi mobil yang perlu kamu ajukan dengan alasan lewat waktu yang telah ditentukan.

Ketika mengalami kecelakaan serta mobil masih dapat berjalan, sebaiknya mobil langsung dibawa ke salah satu bengkel yang telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Jika mobilmu mengalami kerusakan berat, ada baiknya mobil tersebut difoto ataupun didokumentasikan lebih dulu. Dengan adanya foto ini kamu akan menjadi bukti jika telah benar-benar terjadi kecelakaan.

Pemegang polis biasanya diharuskan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan oleh perusahaan asuransi. Dengan Formulir tersebut menjadi salah satu dokumen kelengkapan buat persetujuan klaim asuransi mobil. Kemudian berikan informasi mengenai kronologis masalah yang kamu alami kepada perusahaan asuransi serta memberikan informasi sebenar-benarnya.

Hal inilah nantinya akan menjadi pertimbangan perusahaan asuransi mengenai apaka klaim akan disetujui ataupun  ditolak. Tidak hanya itu, pemegang polis harus melengkapi beberapa dokumen ditawarkan oleh pihak asuransi. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

Resiko yang Tidak Akan Dijamin Asuransi Kendaraan

Dokumen kecelakaan

  • Formulir klaim yang telah di isi. Pemrosesan klaim baru nantinya bisa dilakukan oleh perusahaan asuransi jika pemegang polis sudah mengisi formulir klaim secara lengkap.
  • Salinan ataupun fotokopi polis asuransi kendaraan seperti mobil. Dokumen ini nantinya akan menjadi bukti bahwa pemegang polis benar menjadi nasabah di sebuah perusahaan asuransi. Tidak hanya itu, dokumen ini juga buat mengetahui apakah premi sudah dibayar ataupun belum.
  • Salinan ataupun fotokopi SIM.
  • Salinan ataupun fotokopi STNK.
  • Surat keterangan dari pihak kepolisian setempat. Dokumen inilah yang akan menjadi bahan pertimbangan dimana perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi ataupun tidak.

Dokumen tanggung jawab dari pihak ketiga (jika ada pihak ketiga)

  • Surat pernyataan mengenai tuntutan ganti rugi yang diberikan pihak ketiga. Dokumen inilah yang dapat dijadikan jaminan pemegang polis yang mengakibatkan kerusakan pada kendaraan seperti mobil pihak ketiga.
  • Surat pernyataan mengenai tidak adanya asuransi. Biasanya terdapat sejumlah perusahaan asuransi yang tidak akan mengganti rugi apabila pihak ketiga mempunyai asuransi mobil. Sehingga itu, dokumen ini bisa menjadi salah satu syarat paling penting.
  • Salinan ataupun fotokopi SIM/KTP dan STNK.
  • Surat keterangan dari pihak kepolisian setempat. Dokumen inilah yang akan menjadi bukti jika pada waktu dan ditempat tertentu terjadi kecelakaan.

Baca juga : PiZap

Itulah beberapa hal yang kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli asuransi untuk kendaraanmu. Kamu juga harus memahami cara mengklaim asuransi jika sudah memiliki asuransi kendaraan.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *