Segudang Manfaat Pete yang Harus Kamu Ketahui

Segudang Manfaat Pete yang Harus Kamu Ketahui

Icolancer.comManfaat Pete – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata pete? Pasti baunya yang tak sedap sekelebat terpikirkan. Pete atau biasa juga disebut dengan petai adalah tanaman tropis dari suku polong-polongan. Polong pete ini lah yang biasanya dimasak sebagai bahan makanan.

Selain dimasak sebagai campuran makanan, pete biasanya juga dimakan secara mentah sebagai lalapan. Memakan pete sebagai lalapan bahkan telah menjadi kebiasaan sebagian orang kala makan-makanan yang digoreng dan ditemani sambal.

Segudang Manfaat Pete yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki bau yang tak sedap, banyak orang yang menghindari konsumsi pete. Dari manakah bau tak sedap ini berasal? Bagi kamu yang penasaran, rupanya bau tak sedap pada pete berasal dari kandungan asam-asam amino yang didominasi oleh asam amino mengandung sulfur. Asam amino dengan kandungan sulfur ini lah yang kemudian terdegradasi dan menghasilkan gas hidrogen sulfida yang menghasilkan bau tak sedap.

Meski memiliki bau yang menyengat, tak bisa dipungkiri bahwa pete memberikan sensasi rasa yang nikmat. Sehingga, tak jarang bahan makanan ini menjadi teman makan favorit bagi sebagian kalangan.

Baca juga : Buah yang Cocok Untuk Program Diet

Manfaat Pete yang Harus Diketahui

Manfaat Pete yang Harus Diketahui

Selain rasanya yang nikmat, pete juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat pete bagi kesehatan? Berikut adalah segudang manfaat pete yang harus kamu tahu.

Mencegah Anemia

Manfaat pete yang pertama adalah mampu mencegah anemia. Anemia adalah kondisi rendahnya kadar sel darah merah atau pun hemoglobin dalam darah. Kandungan zat besi pada pete, rupanya mampu memberikan warna merah pada hemoglobin. Hal ini lah yang akhirnya meningkatkan kadar hemoglobin darah.

Sebagai Antioksidan

Fungsi pete selanjutnya adalah sebagai zat antioksidan. Pete mengandung zat fenol yang disebut flavonoid, polyphenol dan phytosterol. Kandungan-kandungan zat fenol yang cukup tinggi pada pete rupanya dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Zat antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas. Tak hanya itu, pete juga mengandung asam thiazolidine-4-carboxylic yang berperan sebagai antikanker.

Melancarkan Pencernaan

Sama seperti bangsa polong-polongan yang lain, pete merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Kadar serat yang tinggi membuat pete mampu melancarkan pencernaan. Selain itu, serat ini lah yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga cocok bagi para pelaku diet.

Sumber Energi

Tahukah kamu bahwa pete mengandung gula alami? Ya, pete mengandung glukosa, sukrosa, dan juga fruktosa yang merupakan gula alami. Dengan kandungan gula alami, maka pete berperan sebagai sumber energi dalam tubuh. Sumber energi yang tercukupi membuat kamu semakin bersemangat dan bertenaga dalam beraktivitas.

Mencegah Infeksi

Selain sebagai antioksidan, pete juga berperan sebagai antibakteri yang mampu mencegah terjadinya infeksi. Mengandung hexathionine da juga trithiolane, pete efektif dalam melawan jenis bakteri Gram negatif. Kandungan senyawa polisulfida siklik pada pete juga memiliki fungsi sebagai antibakteri. Maka dari itu, pete mampu menurunkan risiko terjadinya infeksi.

Mencegah Diabetes

Meski mengandung gula alami, rupanya pete juga berperan dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan stigmasterol, stigmast-4-en-3-one juga beta-sitosterol berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, peran ini juga dilengkapi oleh kandungan vitamin B6 pada pete yang mampu menjaga stabilitas gula darah. Maka dari itu, pete sangat berkhasiat bagi para penderita diabetes.

Menjaga Tekanan Darah

Kalium adalah kandungan selanjutnya yang terdapat pada tanaman pete. Golongan mineral yang satu ini dikenal sebagai elektrolit yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan juga mengendalikan tekanan darah. Dengan rajin mengonsumsi pete, maka tekanan darah akan lebih terjaga, sehingga menurunkan risiko penyakit stroke. Tak hanya itu, kalium juga memiliki manfaat dalam menjaga fungsi otot dan juga syaraf, sehingga mobilitas tubuh tetap terjaga.

Menekan Hormon Stress

Apakah kamu sering mengalami PMS (premenstrual syndrome)? Kala tengah mengalami PMS, bukan rahasia lagi bahwa mood kerap kali menjadi kacau. Bagi kamu yang menyukai pete, makanan ini sangat bermanfaat untuk menjaga mood-mu. Pete mengandung protein triptofan yang kemudian diubah menjadi serotonin. Serotonin ini lah yang mampu menekan hormone stres, sehingga mood menjadi lebih baik. Tubuh akan menjadi lebih rileks, karena selain protein triptofan, pete juga mengandung vitamin B6 yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah yang terkendali mampu membuat mood menjadi lebih stabil. Bahkan, menurut ahli, pete adalah salah satu bahan makanan yang dipercaya dapat mengatasi depresi karena kandungan triptofannya.

Di balik bau pete yang tak sedap, rupanya menyimpan kandungan serta manfaat yang beragam. Oleh sebab itu, tak ada alasan lagi untuk menghindari makan pete. Bagi kamu yang tak suka pete lantaran baunya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau pete.

Manfaat Pete yang Harus Diketahui

Cara pertama menghilangkan bau pete adalah dengan makan buah-buahan atau sayur-sayuran segar, misalnya apel, mentimun, bayam, atau mint. Kemudian, kamu juga minum teh hijau atau susu untuk mengatasi bau mulut akibat pete. Jika sempat, menyikat gigi dan menggunakan obat kumur adalah cara efektif dalam menghilangkan bau pete pada mulut.

Meski memiliki segudang manfaat, konsumsi pete juga tak boleh berlebihan. Selain berbagai kandungan nutrisi, pete juga mengandung asam jengkolat yang bisa membuat saluran kencing tersumbat apabila dikonsumsi berlebihan. Selain itu, pete juga mengandung tannin yang dapat mengganggu penyerapan protein jika berlebihan dalam mengonsumsinya.

Baca juga : Tanaman Herbal

Masih berniat menghindari makan pete? Nah, demikian informasi mengenai segudang manfaat pete bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan mampu membuat kamu tak lagi menghindari pete karena baunya yang tak sedap.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *