10 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung

10 Makanan Pantangan Bagi Penderita Asam Lambung

Icolancer.comPenderita Asam Lambung – Penderita penyakit asam lambung memiliki beberapa pantangan yang wajib kamu hindari supaya penyakit tidak kaambuh dan tidak kembali lagi ataupun supaya penyakit asam lambung dideritanya tidak bertambah parah. Apalagi ketika asam lambung menyerang, bisa mengganggu aktivitasmu sehari-hari bahkan menimbulkan rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu.

Berikut beberapa hal pantangan bagi penderita asam lambung akar tidak kambuh dan memperparah

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak

Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh tapi dalam jumlah tertentu. Tapi, jika kamu makan makanan serta minuman tinggi lemak dengan porsi yang sangat banyak, jangan heran jika kamu sering mengalami gejala maag. Ini dikarenakan makanan serta minuman berlemak tinggi bisa membuat otot di katup kerongkongan ataupun esofagus bagian bawah melemah. Hal ini tentu saja akan menjadikan katup kerongkongan lebih mudah terbuka, hal inilah yang akan memicu naiknya asam lambung hingga kerongkongan.

Alhasil, kamu biasanya akan mengalami gejala maag seperti nyeri pada dada daan terasa terbakar atau heartburn. Tidak hanya itu, makanan berlemak tinggi bisa merangsang lepasnya hormon yang bernama cholecystokinin. Hormon inilah yang dapat memicu katup kerongkongan mengendur, dan menyebabkan asam lambung menjjadi naik. Makanan yang mengandung lemak tinggi biasanya memerlukan waktu lebih lama buat dicerna.

Hal inilah yang dapat mengakibatkan pengosongan lambung bisa berjalan lebih lambat, sampai memicu asam lambung terproduksi secara berlebihan. Inilah yang membuat kelompok makanan dan minuman yang tinggi lemak termasuk dalam daftar pantangan buat orang yang berusaha mengendalikan asam lambung.

Baca juga : Penyebab Penyakit Jantung

Berbagai contoh makanan serta minuman yang mengandung lemak tinggi meliputi:

  • Susu yangvtinggi lemak serta produk olahannya.
  • Daging merah meliputu kambing, sapi domba.
  • Makanan apapun yang digoreng.
  • Makanan manis seperti es krim, kue dan lain sebagainya yang mengandung lemak tinggi.
  • Makan-makanan pedas

Penderita asam lambung, tidak disarankan makan- makanan yang pedas karena bisa membuat iritasi lambung, yang membuat perut tidak nyaman. Oleh dari itulah dianjurkan bagi penderita asam lambung untuk tidak mengkonsumsi makanan mengandung banyak cabai, merica atau saus yang berlebihan. Selaij itu makanan asam seperti acar, cuka ataupun asinan sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk penyakit asam lambung serta memperburuk asam urat. Penderita asam urat, serta makanan yang bersantan tidak dianjurkan buat dikonsumsi karena makanan dengan kandungan lemak tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat serta kolesterol dalam tubuh.

Baca juga : Penderita Jantung Tersumbat

Sayuran dan Buah Tinggi Purin

Sayuran dan Buah Tinggi Purin

Zat purin dan asam bisa memicu naiknya asam lambung serta asam urat. Untuk itulah, orang yang meemiliki riwayat penyakit asamlambung serta asam urat sebaiknya kamu menghindari sayuran serta buah-buahan yang memiliki kadar purin serta asam yang tinggi jika tidak ingin penyakit ini datang lagi. Beberapa sayur yang perlu dihindari adalah kubis, brokoli, kembang kol, melinjo, salad, tomat  serta lain sebagainya. Buat buah-buahan yang perlu dihindari karena tinggi purin dan juga asam  seperti jeruk, durian, nangka, nanas, lemon, atau anggur karena bisa memicu tingginya asam lambung serta menaikan kadar asam urat dalam tubuh.

Baca juga : Kesehatan Jantung

Es Krim

Es Krim

Es krim menjadi salah satu makanan favorit kebanyakan  orang mulai dari yang muda hingga yang tua. Tapi ternyata, es krim mengandungan lemak yang tinggi serta bisa memicu gejala asam urat serta penyakit asam lambung. Untuk itulah sebaiknya kamu mengurangi atau menghindari makan es krim jika kamu memiliki riwayat penyakit asam lambung ataupun asam urat.

Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan meemiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Tapi siapa sangka ternyata kacang-kacangan mempunyai kadar asam serta purin yang sangat tinggi dan bisa meningkatkan resiko meeningkatnya asam lambung serta asam urat. Untuk itulah sangat disarankan bagi para penderita asam lambung dan asam urat menghindari makanan ini.

Baca juga : Penyebab Migrain

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Bukan rahasia lagi kalau minuman beralkohol  memiliki dampak yang sangat tidak menyehatkan untuk tubuh, karena dalam alkohol terdapat karbonasi yang akan meningkatkan produksi asam lambung serta menaikan kadar asam urat dalam tubuh. Karena itulah penderita asam lambung, sebaiknya menghi dari minuman beralkohol apapun karena tinggi kadar purin serta asam yang lumayan tinggi. Tidak hanya minumam saja, makanan  beralkohol  seperti ketan dan tape juga lebih baik dihindari karena mengandung kadar purin serta asam yang tinggi.

Minuman Tinggi Kafein

Minuman Tinggi Kafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh bisa memicu naiknya asam lambung, dikarenakan kafein bisa menyebabkan lambung akan memproduksi cairan asam secara berlebihan. Hal ini bisa membuat iritasi lambung dan mengakibatkan rasa perih pada lambung. Sedangkan untuk orang yang menderita asam lambung, jika minum minuman berkafein bisa menaikan kadar gula yang sangat tinggi, serta bisa meningkatkan asam urat dalam tubuh. Untuk dari itulah, sebaiknya bagi penderita asam lambung serta asam urat disarankan buat mengurangi serta menghindari minuman tinggi kafein.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Minuman Kaleng Bersoda

Minuman Kaleng Bersoda

Minuman kaleng atau berkemasan yang manis serta mengandung soda merupakan pantangan bagi orang dengan riwayat asam lambung karena didalam minuman ini sangat tinggi akan gula dan soda yang bisa meningkatkan produksi asam lambung bahkan menaikan asam urat dalam tubuh. Hal inilah yang dapat langsung kamu rasakan jika mengkonsumsinya, mulai dari perut yang terasa kembung. Hal ini menandakan adanya peningkatan produksi asam lambung dalam tubuh.

Makanan Berminyak

Makanan Berminyak

Sulit dipungkiri, jika semua makanan digoreng umumnya memiliki cita rasa yang lezat dan nagih buat dimakan terus-menerus. Tapi makanan yang digoreng menjadi salah satu pantangan buat kamu yang ingin mencegah timbulnya kenaikan asam lambung. Alasan ini serupa dengan makanan yang tinggi lemak sebelumnya. Karena gorengan, merupakan makan yang direndam dalam minyak panas serta cukup banyak, akan mengandung lemak trans.

Tentu saja makan makanan yang sangat tinggi lemak ini berisiko memicu gejala maag kembali kambuh dikarenakan naiknya asam lambung. Karena, makanan yang digoreng mengandungan lemak yang tinggi serta bisa merangsang melemahnya otot katup kerongkongan. Ini bisa membuat, asam lambung jadi mudah naik serta menjalar ke ulu hati, dada, sampai ke kerongkongan.

Makanan Asin

Makanan Asin

Tidak jauh berbeda jika kamu makan makanan pedas, terlalu banyak serta sering seperti makan makanan asin bisa memicu gejala maag berupa kenaikan asam lambung. Tapi, memang tidak diketahui bagaimana proses ini dapat terjadi. Karena, kombinasi makanan asin yang kamu makan bersama gorengan serta makanan berlemak bisa memicu tingginya asam lambung.

Untuk itulah, tidak ada salahnya kamu menghindari makan makanan asin jika ingin kadar asam lambung selalu stabil.

Demikianlah daftar makanna yang pantang bagi penderita asam lambung serta asam urat tinggi. Dasarnya, penderita asam lambung serta juga asam urat disarankan buat menghindari makanan mengandung asam ataupun purin yang tinggi. Dengan rajin berolahraga serta menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi langkah yang tepat buat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *