11 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Jantung Tersumbat

11 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Jantung Tersumbat

Icolancer.comPenderita Jantung Tersumbat – Penyakit jantung tersumbat adalah salah satu gangguan jantung yang dianggap sangat umum dan bisa terjadi pada semua usia. Penyakit ini ternyata sangat berbahaya karena ketika terjadi penyumbatan pada arteri jantung maka terjadi pembentukan plak akibat kolesterol dan lemak. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung sehingga sangat berbahaya untuk penderita penyakit jantung. Bahkan efeknya bisa menyebabkan kematian mendadak sehingga sangat berbahaya.

Ketika terjadi penyumbatan maka arteri yang membawa darah dan oksigen tidak bisa bekerja dengan normal. Kondisi ini yang akhirnya menyebabkan penyumbatan jantung dengan beberapa gejala seperti nyeri dada, insomnia, mudah lelah, nyeri kaki dan tubuh tidak nyaman. Jika dokter sudah menyatakan kondisi ini maka harus waspada dan menjaga kesehatan dengan baik. Untungnya ada banyak perawatan alami seperti dengan konsumsi makanan tertentu. Dibawah ini beberapa jenis makanan untuk orang jantung tersumbat agar tetap sehat.

Baca juga : Buah yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Asparagus

Asparagus

Asparagus menjadi jenis sayuran yang sangat baik untuk membersihkan semua penyumbatan pada jantung dan pembuluh darah. Asparagus juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya plak. Nutrisi yang terkandung seperti vitamin B6 sangat penting untuk menurunkan kadar homosistein yang sangat baik untuk menghentikan pembentukan plak. Asparagus juga membuat tubuh menghasilkan glutathion yang akan mencegah peradangan dan penyempitan pembuluh darah.

Buah Delima

Buah Delima

Mengonsumsi buah delima secara rutin ternyata menjadi cara perawatan penyumbatan jantung tanpa operasi. Delima adalah buah yang kaya dengan antioksidan sehingga bisa bekerja untuk melawan masuknya radikal bebas. Semua radikal bebas akan melewati pembuluh darah yang sampai ke arteri sehingga sangat berbahaya. Buah delima bekerja untuk menjaga produksi nitrik oksida yang akan membersihkan pembuluh darah secara alami.

Bukti ini sendiri sudah masuk dalam penelitian yang dilansir oleh Clinical Nutrition tahun 2004. Pengujian pada pasien yang menderita stenosis arteri karotis bahwa makan buah delima secara rutin bisa mengurangi kolesterol dan menghancurkan plak penyumbat arteri. Jadi cobalah menikmati buah delima dengan membuatnya menjadi jus.

Baca juga : Jenis Ikan yang Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Brokoli

Brokoli

Jenis sayuran hijau lain yang sangat baik untuk jantung adalah brokoli. Brokoli mengandung vitamin K yang akan mencegah arteri dari kerusakan. Brokoli juga sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol karena kaya dengan serat. Sesuai dengan penelitian bahwa konsumsi brokoli secara rutin bisa membersihkan penyumbatan pada jantung baik karena plak atau gumpalan darah. Manfaat ini juga dibuktikan dengan adanya kandungan sulforaphane yang baik untuk memecah plak dalam arteri.

Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu masakan yang kaya dengan bahan antioksidan. Bahan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung termasuk untuk penderita penyakit jantung koroner yang berisiko tinggi terkena serangan jantung. Makan bawang putih secara rutin akan mengurangi atau menurunkan jumlah LDL sehingga sangat baik untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Selain itu juga sangat penting untuk menjaga agar sirkulasi darah tetap lancar.

Bukti dari penelitian ini seperti yang tertuang dalam Journal of Nutrition tahun 2016 bahwa makan bawang putih akan mengurangi plak pada arteri dan jantung. Jadi cobalah untuk menggunakan bawang putih untuk masakan Anda.

Baca juga : Tanaman Herbal

Bayam

Bayam

Dari sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Clinical Nutrition Research tahun 2015, bahwa makan bayam secara rutin bisa membuat aliran darah lancar dan mengurangi arteri yang kaku dan sempit karena lemak. Bayam mengandung bahan nitrit oksida yang sangat penting untuk mencegah pembentukan plak dan penggumpalan darah. Selain itu bayam juga kaya serat sehingga melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko bahaya lemak di jantung. Tentu saja dengan mineral kalium dalam bayam juga sangat baik untuk menjaga detak jantung tetap normal.

Apel

Apel

Apel menjadi buah yang sangat sehat untuk penderita penggumpalan pada jantung. Hal ini karena buah apel mengandung serat berupa pektin yang bekerja untuk mengurangi atau menurunkan kolesterol. Pektin juga bekerja untuk menghalangi penyerapan asam pada empedu sehingga hati hanya mengunakan kolesterol seadanya saja. Dengan cara ini bisa menurunkan kandungan kolesterol dalam tubuh. Kemudian apel juga mengandung flavanoid yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium juga penting untuk menjaga agar detak jantung normal. Jadi makan satu atau dua buah apel perhari akan menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca juga : Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Alpukat

Alpukat

Alpukat juga menjadi buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak terjadi penggumpalan. Alpukat akan menjaga agar kadar LDL menurun dan kadar HDL meningkat. Alpukat yang kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan baik. Juga kandungan vitamin E yang sangat baik untuk melawan pembentukan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi penderita jantung maka cobalah untuk makan alpukat rutin setiap hari.

Chia Seed

Chia Seed

Biji Chia menjadi salah satu makanan yang sangat baik untuk penderita jantung tersumbat. Biji chia mengandung bahan seperti asam omega 3 yang bisa menurunkan kolesterol, menjaga tekanan darah dan menghilangkan semua sumbatan pada pembuluh darah arteri. Untuk penderita jantung maka bisa mengonsumsi biji chia dengan cara merendam biji chia ke dalam air selama beberapa menit dan kemudian bisa dimakan dengan sereal, salad atau buah.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Salmon

Salmon

Ikan salmon bisa menjadi makanan yang baik untuk penderita penyakit jantung. Kandungan omega 3 sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan menjaga agar jantung bekerja dengan baik. Kebiasaan makan ikan salmon juga aka menjaga detak jantung tetap sehat karena kandungan kalium yang sangat kaya.

Kunyit

Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit ternyata sangat baik untuk menjaga agar peradangan pada jantung tidak memburuk akibat sumbatan. Kurkumin juga akan melindungi jantung dengan cara menjaga aliran darah lancar. Kunyit juga akan menurunkan kolesterol dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Penggunaan kunyit untuk merawat jantung adalah dengan cara menggunakan kunyit untuk bumbu masakan dan membuatnya menjadi teh kunyit dan madu. Anda juga bisa minum susu dengan bubuk kunyit untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

Oatmeal

Oatmeal

Untuk anda yang menderita diabetes, oatmeal bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk tubuh. Selain aman dikonsumsi, anda bisa mencampurnya dengan pisang atau strawberry agar lebih enak.

Jadi inilah daftar makanan untuk orang jantung tersumbat agar tetap sehat. Agar jantung sehat maka konsumsi makanan tersebut dengan cara yang sehat pula ya

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *