10 Penyebab Migrain Hebat Pada Kepala Sebelah Kanan

10 Penyebab Migrain Hebat Pada Kepala Sebelah Kanan

Icolancer.comPenyebab Migrain Hebat – Migrain hebat pada kepala seringkali menyerang orang dewasa bisa disebabkan beberapa faktor. Orang dewasa dapat mendeskripsikan rasa sakit kepala karena dapat merasakan sakit dibagian mana. Sakit kepala migrain hanya menyerang pada salah satu sisi kepala bisa sisi kanan ataupun kiri. Tapi rasa sakit yang terus berkembang menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari

10 Penyebab Migrain Hebat Pada Kepala Sebelah Kanan

Sakit migrain yang paling sering terjadi merupakan migrain pada kepala sebelah kanan. Rasa sakit biasanya berpusat sepenuhnya pada bagian kanan. Kalau migrain ini menyerang ketika tidur tidak jarang  penderitanya akan terbangun karena rasa sakut yang hebat. Rasa sakit ini seringkali dialami oleh orang dewasa ataupun saat beraanjak dewasa. Jika migrain hebat pada kepala kana terjadi cukup jarang serta bisa diatasi hanya dengan meminum obat sakit kepala biasa tentu tidak akan menjadi masalah.

Tapi jika hal ini sering terjadi hingga mengganggu aktifitas, sebaiknya segera diobati dan berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Tapi sebelumnya ada baiknya kami mengetahui apa saja yang menyebabkan migrain hebat pada kepala sebelag kanan.

Baca juga : Osteoporosis

Terlalu Banyak atau Kurang Tidur

Terlalu Banyak atau Kurang Tidur

Tidur merupakan kegiatan yang penting agar otak dapat istirahat dengan sangat baik. Ketika kamu terlalu banyak atau kurang tidur dapat menyebabkan migrain hebat pada kepala kanan. Hal ini disebabkan reaksi otak yang berubah ketika tidak mendapatkan waktu yang cukup atau terlalu banyak tidur.

Migrain hebat ini sering terjadi pada orang-orang yang sering begadang atau terlalu lelah bekerja. Bisa juga kamu mendapatkan migrain saat sedang sakit karena tubuh memerlukan banyak istirahat.

Melakukan Kegiatan yang Tidak Biasa

Melakukan Kegiatan yang Tidak Biasa

Ketika tubuh kamu melakukan kegiatan yang tidak biasa dilakukan, akan membuat tubuhmu memberontak karena reaksi tidak nyaman ataupun sakit. Salah satu efek yang akan terjadi adalah  migrain hebat pada kepala sebelah kanan.

Beberapa kegiatan tidak biasa yang sering terjadi adalah adanya perubahan jadwal tidur, jadwal olahraga, jadwal makan serta saat bepergian jauh. Bisa juga diakibatkan perubahan waktu seperti mengalami jetleg saat berpergian ke luar negeri, perubahan inilah yang dapat membuat migrain hebat pada kepala kanan. Migrain yang diakibatkan hal ini masih terhitung normal karena saat kamu merubahnya kembali secara perlahan sakit kepala otomatis berkurang serta sembuh total.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Tekanan dan Stress Berat

Tekanan dan Stress Berat

Stres merupakan hal yang sangat sering dialami oleh orang dewasa ataupun remaja yang sudah memulai dewasa. Stres dapat disebabkan berbagai hal seperti aktivitas yang terlalu padat, pikiran, sert tekanan pekerjaan. Jika stres tidak kamu atasi dengan segera dan tepat jangan kaget jika kamubakan merasakan mugrain hebat. Hal ini juga dapat merusak reaksi otak saat sedang merasa gembira, sedih ataupun terkejut.

Walaupun ini seringkali dialami orang dewasa ataupun remaja yang mulai beranjak dewasa tapi hal ini sangat jarang dialami pada orang tua. Jika migrain menyerang orang tua maka migrain itu termasuk kategori migrain basilar.

Perubahan Hormon

Perubahan Hormon

Kebanyakan wanita seringkali mengalami perubahan pada hormon yang  dapat memicu migrain hebat pada kepala kanan. Saat seorang wanita mengalami perubahan hormon seperti progesteron serta estrogen menjelang menstruasi, saat menstruasi ataupun saat hamil bahkan saat menjelang menopause. Migrain yang disebabkan perubahan hormon akan  dianggap sebagai sesuatu hal yang normal.

Untuk mengatasi migrain efek perubaahan hormon dapat menggunakan cara yang alami. Misalkan rutin mengonsumsi nutrisi yang diperlukan, merubah pola hidup, serta mengurangi kafein. Tapi jika migrain kepala ini tidak dapat sembuh walaupun sudah merubah gaya hidup disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena migrain yang berkepanjangan bisa menjadi pertanda kamu sedang terkena penyakit berbahaya.

Baca juga : Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Terlalu Lama Bermain Komputer

Terlalu Lama Bermain Komputer

Bagi orang yang telah terbiasa menghabiskan waktu untuk bekerja selama berjam-jam dengan komputer jangan kaget jika timbul masalah yang tidak nyaman. Ini diakibatkan radiasi yang dipantulkan layar komputer menyebabkan migrain hebat pada kepala kanan. Mungkin efek yang dirasakan tidak akan cepat tapi jika kamu tetap memaksakannya dan terus melakukannya dalam waktu yang lama akan timbul ketidak nyamanan.

Selain itu kebiasan duduk terlama lama di depan komputer akan menyebabkan otot leher sangat tegang. Selain itu bahu dan leher akan menjadi kaku bahkan akan memperparah migrain akibat terlalu banyak bermain komputer. Jika sudah sangat menggangu  sebaiknya kamu segera mengatur waktu ketika bekerja menggunakan komputer.

Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Migrain hebat pada kepala juga sangat sering terjadi kepada orang yang kecanduan kafein. Saat kamu minum kopi terlalu banyak bahkan minum hingga  4 cangkir sehari. Tentu saja akan menimbulkan masalah kesehatan ini dikarenakan kafein yang berlebih akan mempengaruhi sistem kerja beberapa organ tubuh terutama otak serta zat kimia alami pada otak.

Biasanya migrain akan kamu dapatkan saat tubuh secara mendadak kekurangan bahkan tidak memperoleh asupan kafein. Jadi saat kamu sudah terbiasa minum kopi ataupun teh ketahuilah batasan yang normal agar tidak terkena menimbulkaan masalah kesehatan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Konsentrasi

Lingkungan yang Ekstrim

Lingkungan yang Ekstrim

Jika kamu tinggal pada daerah pegunungan ataupun di dataran tinggi kamu juga bisa sering mengalami migrain hebat. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang lumayan dingin. Seringkali cuaca juga sangat panas dan membuat suhu sangat panas, lembab serta cahaya berlebihan. Lingkungan yang ekstrim dan ramai juga bisa menimbulkan masalah yang sama. Untuk itulah perhatikan kondisi lingkungan rumah agar tidak terdampak efek buruk ini.

Zat Adiktif Pada Makanan dan Minuman

Zat Adiktif Pada Makanan dan Minuman

Kebiasaan buruk mengonsumsi makanan serta minuman yang memiliki bahan adiktif juga dapat menyebabkan migrain hebat pada kepala kanan. Hal ini dikarenakan reaksi otak saat merespon zat aditif yang masuk kedalam tubuh. Misalkan saat kamu baru saja mengonsumsi makanan yang  mengandung garam, MSG, bahan pengawet serta pewarna yang berlebihan. Untuk itulah kamu harus mulai memperhatikan nutrisi makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap harinya.

Baca juga : Tanaman Herbal

Efek Dehidrasi

Efek Dehidrasi

Orang yang mengalami dehidrasi akut juga dapat mengalami mugrain hebat kepala. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala yang hebat pada bagian kanan yang sangat tidak nyaman karena adanya perubahan keseimbangan cairan. Migrain sebelah kanan dapat menjadi sinyal bahaya karena kondisi tubuh tidan mendapatkan cairan yang cukuo sehingga kemungkinan otak tidak bisa menerima darah serta oksigen.

Alergi Makanan

Alergi Makanan

Orang dengan riwayat alergi makanan tertentu dapat merasakan migrain pada kepala kanan. Misalkan seperti pada penderita alergi makanan laut, garam, cokelat, kacang serta alergi lainnya. Migrain hebat pada sebelah kanan bisa menjadi tanda anafilaksis yang sangat berbahaya. Karena itu kalau kamu sudah mengetahui alergi hindarilah makanan yang bisa memicu alergi.

Inilah beberapa penyebab migrain hebat pada kepala kanan yang dapat membahayakan tubuh. Saat kamu mengalami migrain di sebelah kanan kamu harus mencuriga penyebabnya. Jika kamu sudah mengobati sesuai gejala tapi masih belum sembuh, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *