10 Penyebab Penyakit Jantung yang Harus Dihindari

10 Penyebab Penyakit Jantung yang Harus Dihindari

Icolancer.comPenyebab Penyakit Jantung – Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian teebanyak bahkan nomor 1 di dunia. Bahkan penyakit jantung merupakan penyebab utama disabilitas. Ada banyak sekali faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk itu lebih baik mencegah penyakit jantung sejak dini dengan menghindari faktor-faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit jantung seperti berikut.

Menjaga Trigliserida dan Kadar Kolestrol

Menjaga Trigliserida dan Kadar Kolestrol

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyumbat arteri serta meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner serta serangan jantung mendadak. Perubahan pola hidup serta obat juga perlu dilakukan buat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang bisa memperbesar risiko penyakit jantung terhadap wanita.

Baca juga : Penderita Jantung Tersumbat

Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu faktor utama timbulnya penyakit jantung yaitu tekanan darah tinggi. Sehingga sangat penting bagi kamu buat menjaga tekanan darah dengan rutin, minimal sekali setahun buat orang dewasa. Serta lebih baik rutin dilakukan jika sudah menderita tekanan darah tinggi. Selain itu lakukan perubahan, mulai perubahan pola hidup demi mengontrol tekanan darah tinggimu.

Pola Makan yang Sehat

Pola Makan yang Sehat

asupan nutris yang sehat sebaiknya dengan membatasi makanan yang mengandung asam lemak jenuh, tinggi natrium, serta gula, lebih baik lagi jika menerapkan pola diet jantung. Lebih banyak mengonsumsi buah-buah segar, sayuran, serta biji-bijian yang akan menjaga kesehatan jantung. Diet DASH atau Dietary Approach to Stop Hypertension bisa menjadi contoh pola makan untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh, yang akan membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca juga : Kesehatan Jantung

Menjaga Berat Badan

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan ataupun obesitas bisa meningkatkan faktor risiko penyakit jantung. Hal ini umumnya disebabkan karena kaitannya dengan faktor risiko penyakit jantung yang lain, termasuk tingginya kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah, penyakit jantung hipertensi, dan obesitas. Selalu menjaga berat badan dalam keadaan terkendali akan menurunkan faktor risiko mengidap penyakit jantung.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebiham bisa menjadi salah saru faktor meningkatnya tekanan darah. Alkohol akan memberikan kalori tambahan dan bisa menyebabkan bertambahnya berat badan. Selain itu, alkohol juga berbahaya bagi jantung karena bisa meningkatkan tekanan darah serta melemahnya otot jantung. Hal-hal inilah yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk pria sebaiknya jangan terlalu sering dan minum lebih dari 2 gelas per harinya. Sedangkan wanita sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol lebih dari 1 gelas per harinya.

Baca juga : Penyebab Migrain

Olahraga Dengan Rutin

Olahraga Dengan Rutin

Melakukan olahraga baik ringan maupun berat sangat bagus untuk kesehatan jantung serta membawa keuntugan bagi tubuhmu. Mulai dari memperkuat jantung sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Dengan berolahraga secara rutin, akan turut menjaga berat badan tetap normal bagi tubuh, dan bisa membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Hal- hal inilah yang akan membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Menghindari Stress

Menghindari Stress

Stres seringkali berhubungan dengan penyakit jantung koroner. Stres bisa meningkatkan tekanan darah. Jika stres sudah tergolong ekstrim bisa menjadi pemicu terjadinya serangan jantung. Selain itu, ada beberapa cara paling umum yang digunakan buat mengatasi stres seperti makan banyak, minum alkohol, merokok, aktivitaa seperti inilah yang akan memperburuk kesehatan jantungmu. Ada banyak cara yang jauh lebih baik untuk mengelola stres mulai dari rutin berolahraga, mendengarkan instrumen  musik, lebih fokus dengan aktivitas yang membuatmu tenang atau membawa suasana damai, kamu juga bisa melakukan meditasi.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Mengonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Radikal bebas berasal dari asap rokok, polusi udara serta asap kendaraan bermotor bisa menyebabkan endapan dalam pembuluh darah serta mengakibatkan penyumbatan. Efek dari radikal bebas pada tubuh hanya bisa dihilangkan dengan mengonsumsi antioksidan, karena antioksidan bekerja efektif  menangkap radikal bebas pada tubuh dan langsung membuangnya. Antioksidan dapat kamu peroleh dalam beragam buah dan sayuran dan buah.

Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Merokok juga salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah serta memperbesar risiko terkena serangan jantung serta stroke. Jika kamu tidak merokok, sebaiknya jangan mulai buat mencoba merokok. Jika kamu termasuk perokok aktif,  cobalah buat berhenti merokok buat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Kamu juga bisa berdiskusi langsung pada dokter buat menemukan cara terbaik agar bisa berhenti merokok.

Baca juga : Osteoporosis

Mengontrol Diabetes

Mengontrol Diabetes

Jika kamu mengidap penyakit diabetes, tingkat risiko terkena penyakit jantung sangat besar. Bahkan berjalannya waktu, jika gula darah selalu tinggi penderita diabetes akan mengalami kerusakan pembuluh darah serta saraf pengontrol jantung. Untuk itulah, sangat penting melakukan uji diabetes agar mengetahui kadar gula dalam tubuh, kemudian kontrolah secara rutin dan mulailah menjaga pola makan yang rendah gula.

Pola Tidur yang Baik

Pola Tidur yang Baik

Apabila kamu sering kurang  tidur, risiko terserang penyakit jantung sangatlah besar, diabetes, serta obesitas. Tiga hal inilah yang membuat risiko penyakit jantung meningkat. Seharusnya sebagai orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7 – 9 jam setiap harinya. Pastikan kamu memiliki pola tidur yang baik, jika kamu sering mengalami gangguan tidur sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter.

Satu permasalahan tidur yang sering menyerang adalah sleep apnea, ini merupakan suatu gangguan tidur yang cukup berbahaya karena bisa membuatmu berhenti bernapas sesaat dan seringkali terjadi selama tidur. Tentu saja ini akan sangat mempengaruhi waktu beristirahatmu dan membuat pola tidurmu menjadi tidak baik serta meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Jika kamu merasa memiliki gangguan tidur ini, segeralah melakukan penanganan yang tepat akan gangguan tidur ini.

Walaupun faktor-faktor diatas bisa membuat berisiko terkena penyakit jantung, tapi ada beberapa faktor yang tidak bisa kamu hindari seperti etnis, usia, dan jenis kelamin

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung sedini mungkin dan bisa mulai diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Pola hidup sehat menjadi faktor pendorong agar kesehatan jantung selalu terjaga. Sehingga kondisi jantung akan semakin meningkat serta tidak mengalami gangguan jantung berbahaya. Cukup melakukan hal-hal diatas agar jantung selalu kuat dan sehat.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *