11 Tanaman Herbal yang Bisa Mengatasi Penyakit Diabetes

11 Tanaman Herbal yang Bisa Mengatasi Penyakit Diabetes

Icolancer.comTanaman Herbal – Selain menggunakan obat-obatan medis, banyak penderita diabetes yang mengonsumsi obat herbal untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Pada dasarnya,banyak sekali tanaman obat herbal yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Perawatan menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan diabetes mampu menurunkan kadar gula serta membantu meningkatkan fungsi prankeas supaya normal kembali. Dengan mengonsumsi obat herbal bahkan menyembuhkan diabetes mellitus, tapi memang membutuhkan waktu yang lama serta ketekunan. Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa mengatasi penyakit diabetes.

Tanaman Brotowalu

Tanaman Brotowalu

Tanaman brotowali seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes dan biasanya yang dipakai adalah batang brotowali. Tanaman merupakan obat herbal untuk penyakit diabetes yang terbukti ampuh menstabilkan kadar gula darah. Brotowali juga mempunyai cita rasa yang sangat pahit tapi sifatnya menyejukan. Beberapa penelitian menemukan jika air ekstrak batang brotowali mempunyai efek hipoglikemik yang berfungsi sebagai obat untun menurunkan kadar gula didalam darah.

Daun Sambiloto

Daun Sambiloto

Tanaman sambiloto juga biaa digunakan buat mengobati penyakit diabetes, obat herbal ini memiliki cita rasa yang pahit serta sangat mujarab dalam menyembuhkan beragam penyakit seperti diabetes. Ini dikarenakan daun sambiloto kaya akan flavonoid yang mampu memacu produksi insulin.  

Sereh

Sereh

Bagi penderita diabetes akan sulit sekali mendapatkan detak jantung yang normal dikarenakan kondisi jantung telah mendapatkan darah yang kental akibat kadar gula yang tinggi. Sehingga salah satu cara untuk memulihkan penyakit diabetes yang disertai jantung adalah dengan memakan obat herbal yang alami dan minim efek samping seperti hawthorn. Ramuan tradisional ini bisa menghasilkan efek terapeutik dan sangat baik bagi jantung. Hawtorn sendiri mengandung banyak senyawa kimia tertentu dan bisa meningkatkan aliran darah dan menjaga kadar gula agar tetap normal, dengan menyeimbangkan tekanan darah bahan ini juga bisa membantu mengatur kadar kolesterol serta mengencangkan detak jantung. Penggunaan obat herbal ini biasanya sebagai teh dengan memanfaatkan daun serta bunga yang telah dikeringkan.

Kunyit

Kunyit

Penderita diabetes bisa rutin mengonsumsi teh kunyit guna mengatasi kondisi kadar gula yang tinggi dan sulit normal. Ini dikarenakan kunyit memiliki bahan anti inflamasi dan sangat baik buat penyakit diabetes. Teh kunyit akan membantu memperlancar aliran darah sehingga tetap normal serta membantu agar kadar gula selalu normal. Selain itu, teh kunyit juga mengandung sifat antikoagulan yang baik untuk tubuh. Buat mendapatkan manfaat ini kamu dapat menyeduh potongan kunyit kering dengan segelas air panas. Kemudian minumlah ramuan ini dengan teratur karena teh kunyit juga bisa membatu menguatkan jantung.

Teh Kembang Sepatu

Teh Kembang Sepatu

Teh kembang sepatu telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menjaga kadar gula dalam tubuh selalu nirmal bagi penderita diabetes melitus. Ini dikarenakan teh kembang sepatu memiliki bahan tonik guna melindungi kesehatan bagi penderita penyakit diabetes. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyatakan jika teh kembang sepatu kaya akan bahan antioksidan guna mengendalikan tekanan darah, serta turut serta menjaga detak jantung agar selalu normal. Teh ini juga berkhasiat mengendalikan kadar gula darah dan kolestrol. Cara membuatnya pun cukup mudah, cukup memakai bunga yang telah dikeringkan serta langsung tinggal diseduh menggunakan air hangat.

Daun Salam

Daun Salam

Daun salam seringkali digunakan sebagai bahan untuk memasak dan rempah-rempah. Menggunakan daun salam saat memasak akan membuat masakan terasa lebih nikmat. Bahkan dalam beberapa penelitian menyatakan jika daun salam dapat digunakan sebagai tanaman herbal yang ampuh untuk penyakit diabetes. Cara cukup mudah, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun salam secara rutin agar diabetes berkurang dan selalu dalam batas normal.

Bawang Putih

Bawang Putih

Jika kamu tidak menyukai bahan-bahan yang telah disebutkan kamu juga dapat mencoba bawang putih. Bawang putih kaya akan bahan antikoagulan yang dapat membantu proses pengenceran dalam darah untuk penderita diabetes. Tidak hanya itu bawang putih terbukti sangat baik buat jantung karena akan membantu pengaturan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol. Jika ramuan tradisional bawang putih kamu pakai secara teratur akan membantu mencegah penyakit diabetes. Penggunaannya cukup mudah, hanya dengan menggunakan bawang putih saat memasak, serta mengonsumsi bawang putih terfermentasi atau minum teh berbahan bawang putih kering.

Jelatang

Jelatang

Tanaman jelatang kaya akan mineral yang sangat dibutuhkan buat mengendalikan fungsi insulin dan kadar gula agar tetap normal. Mengonsumsi daun jelatang terbukti sangat baik bagi penderita fiabetes. Daun jelatang kaya akan antioksidan yang bisa mengendalikan kolesterol tinggi. Efek anti peradangan yang dimiliki daun jelatang sangat bermanfaat juga untuk kesehatan jantung. Untuk itulah teh daun jelatang seringkali dipakai buat menyembuhkan penyakit diabetes dan jantung.

Gingseng

Gingseng

Ginseng menjadi salah satu obat mujarab dalam menyembuhkan beragam penyakit. Obat herbal untuk diabetes seperti ginseng sangat mudah dicoba. Kamu cukup mengonsumsi ginseng secara rutin agar membantu menstabilkan kadar gula darah didalam tubuhmu serta membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuhmu.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan minyak gingseng yang merupakan hasil dari ekstrasi gingseng segar dan sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah jantung koroner. Minyak gingseng bisa membantu tubuh mengatur kadar kolesterol. Minyak gingseng juga sangat membantu mengatasi stres penderita diabetes. Karena dapat mengatasi stres, minyak gingseng juga bisa membantu menurunkan tekanan darah serta menghambat potensi terkena serangan jantung. Minyak gingseng dapat kamu temukan sebagai minyak aromaterapi yang sangat menenangkan dan membuatmu  santai.

Kulit Manggis

Kulit Manggis

Buah manggis sangat mudah ditemukan di Asia, siapa sangka buah manggis sangat kaya akan manfaat. Bahkan paling utama terdapat pada kulit buahnya yang seringkali di abaikan serta di buang begitu saja. Kulit manggis merupakan salah satu kulit buah sangat berkhasiat karena bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan serta aman untuk di konsumsi segala usia. Bahkan, kulit manggis dipercaya mampu mengatasi serta menyembuhkan beragam penyakit, salah satunya adalah pengobatan herbal penyakit diabetes.

Karena kulit buah manggis kaya akan xanthone serta antioksidan yang bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas. Tentu saja kamu paham jika radikal bebas sangat berbahaya untuk tubuh, karena bisa menimbulkan endapan pada pembuluh darah dan nantinya akan memicu terjadinya penyumbatan serta sangat beresiko menimbulkan penyakit diabetes dan jantung.

Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

Siapa sangka jika daun rosemary sangat efektif dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Bahkan daun rosemary juga kaya akan bahan antioksidan yang berfungsi membantu mengatur kadar gula. Daun ini juga sangat penting mencegah stres oksidatif serta mengatur kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Kamu bisa memanfaatkan daun rosemary dengan dikonsumsi dalam bentuk segar atau dipakai saat memasak. Kamu juga bisa membuat teh dari daun rosemary yang telah dikeringkan.

Baca juga : Buah yang Cocok Untuk Program Diet

Itulah obat herbal yang dapat membantu mengatasi penyakit diabetes dan membuat jantung lebih sehat. Apalagi penyakit ini terkenal sangat berbahaya dan menjadi pembunuh nomor 1, jadi lebih baik mencegah daripada mengobatinya bukan?

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *