Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Icolancer.comTips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal – Siapa yang tak mau memiliki berat badan ideal? Berat badan ideal adalah idaman bagi setiap orang. Tak hanya kaum hawa, para lelaki pun saling berlomba untuk mendapatkan berat badan ideal guna menunjang penampilan. Namun, mendapatkan berat badan ideal bukanlah perkara sederhana. Diperlukan upaya dan juga kesungguhan untuk mendapatkan berat badan sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk memperoleh berat badan ideal, tentu kamu sudah tidak asing dengan diet. Diet bukan hanya diperuntukkan bagi kamu yang kelebihan berat badan, tapi juga bagi kamu yang memiliki tubuh terlalu kurus. Di tahun 2020 ini, saatnya kamu untuk tampil lebih sehat dengan berat badan ideal. Tak ada yang mustahil, yuk simak tips mendapatkan berat badan ideal berikut ini!

Baca juga : Program Diet

Menjaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan

Tips yang pertama untuk memperoleh berat badan ideal adalah dengan menjaga pola makan. Pernahkah kamu melewatkan sarapan atau bahkan menunda makan siang? Kebiasaan ini justru tak baik bagi tubuh.

Melewatkan jadwal makan baik secara sengaja maupun tidak akan membuatmu semakin kelaparan. Terlalu lapar akan mendorongmu untuk makan secara berlebihan untuk “balas dendam”. Biasanya, kamu akan memakan apa pun yang tersedia tanpa memikirkan diet yang telah kamu rencanakan.

Baca juga : Tanaman Herbal

Olahraga Rutin

Olahraga Rutin

Bukan rahasia lagi, bahwa olahraga adalah salah satu cara yang dapat menunjang usahamu dalam memperoleh berat badan ideal. Bagi kamu yang merasa terlalu kurus, olahraga mampu membentuk massa otot, sehingga berat badanmu akan naik. Sedangkan bagi kamu yang merasa terlalu gemuk, olahraga mampu membakar timbunan lemak dalam tubuh, sehingga tubuh terasa lebih ringan.

Tak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau yoga selama 30 menit setiap harinya. Tentu saja, olahraga harus kamu lakukan secara rutin, agar berat badan idealmu tetap terjaga.

Baca juga : Tips Meningkatkan Konsentrasi

Hindari Ngemil dengan Sarapan Tinggi Protein

Hindari Ngemil dengan Sarapan Tinggi Protein

Berat badan seringkali naik karena kebiasaan buruk , seperti ngemil. Apalagi, ngemil di malam hari saat sudah tidak ada aktivitas untuk membakar kalori. Menghindari kebiasaan ngemil memang bukan perkara mudah, tapi ada cara efektif untuk mencegahnya, loh.

Memulai hari dengan sarapan tinggi protein rupanya mampu mencegahmu dari perilaku ngemil. Konsumsi makanan seperti susu, telur, dan kedelai akan membantumu menghindari keinginan untuk makan makanan ringan sepanjang hari.

Baca juga : Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Tingkatkan Konsumsi Serat, Kurangi Karbohidrat Olahan

Tingkatkan Konsumsi Serat, Kurangi Karbohidrat Olahan

Bicara tentang upaya memperoleh berat badan ideal, tentu kamu perlu mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Makanan mengandung serat adalah salah satu makanan yang dianjurkan kala menjalani diet.

Selain melancarkan pencernaan, makan makanan yang mengandung serat akan membuatmu kenyang lebih lama. Kamu bisa memilih berbagai makanan mengandung serat dalam menu makanmu, seperti kacang-kacangan, sayur, dan juga buah.

Selain memperbanyak konsumsi serat, kamu juga perlu mengurangi konsumsi karbohidrat olahan, seperti roti dan tepung. Sebaiknya, kamu mengonsumsi karbohidrat alami, misalnya jagung, kentang, atau gandum.

Baca juga : Penyebab Otak Kekurangan Oksigen

Menghindari Konsumsi Alkohol

Menghindari Konsumsi Alkohol

Bagi kamu yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, saatnya kamu untuk menghindarinya. Minuman beralkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi. Tentu saja, kandungan kalori yang tinggi ini akan merusak upaya dietmu.

Selain merusak diet, minum minuman beralkohol juga membuat tubuh kehilangan banyak mineral. Tak hanya itu, alkohol akan membuat hati bekerja lebih keras dalam mengeluarkan zat toksik, sehingga rentan terkena penyakit hati.

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Ingin upaya dietmu berhasil? Saatnya kamu untuk membatasi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Makanan dan minuman dengan kandungan gula berlebih sudah pasti memiliki kalori yang tinggi.

Tak hanya mengurangi konsumsi gula, pelaku diet juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi garam. Garam atau sodium yang berlebih rupanya dapat menghambat metabolisme lemak. Maka dari itu, terlalu banyak konsumsi garam dapat membuat perut dan pipi tampak gembul. Mengurangi konsumsi garam tidak hanya baik untuk diet, tapi juga menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Waktu Tidur yang Cukup

Waktu Tidur yang Cukup

Bukan hanya olahraga, rupanya tidur juga bisa menjaga berat badan ideal. Setelah aktivitas yang padat seharian, tubuh perlu diistirahatkan. Istirahat yang cukup tak hanya dapat memulihkan energi, namun juga melancarkan metabolisme tubuh.

Sering begadang adalah kebiasaan yang tak baik bagi kesehatan. Selain membuat tubuh menjadi lelah, begadang dapat mengganggu regenerasi tubuh. Kebiasaan begadang juga membuat metabolisme menjadi tidak normal, misalnya saja metabolisme lemak yang tidak normal sehingga membuat pemecahan lemak menjadi terhambat.

Memperbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih memang memiliki banyak manfaat, begitu juga untuk menjaga berat badan tubuh. Konsumsi air putih sebelum makan, rupanya mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat. Sehingga, kamu bisa mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Tak hanya itu, banyak minum air putuh akan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Banyak minum air putih juga membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Jaga Asupan Nutrisi

Jaga Asupan Nutrisi

Bukan rahasia lagi bahwa menghitung asupan makanan setiap hari telah menjadi bagian dari upaya diet. Tak bisa sembarangan makan, kamu juga perlu menjaga asupan makanan harian. Selain menghitung jumlah kalori yang masuk, kamu juga bisa mengatur porsi makan agar tidak berlebihan atau pun kurang dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips untuk menjaga berat badan ideal. Untuk menjaga berat badan ideal, konsistensi tentu diperlukan. Jangan lupa pula untuk memantau berat badan secara rutin, agar kamu mengetahui hasil dari dietmu. Hindari metode diet yang menjanjikan hasil instan, karena itu justru akan membuat berat badanmu justru kembali naik atau turun dengan cepat pula.

Bagi kamu yang menjadikan berat badan ideal sebagai resolusi di tahun baru 2020, tetap semangat dalam menjalani diet. Semoga tips ini bermanfaat dan mampu memotivasimu untuk tampil bugar dan sehat dengan tubuh ideal.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *