10 Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Secara Alami

10 Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat Secara Alami

Icolancer.comTips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat – Mempunyai daya ingat yang baik dan tajam akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan. Biasanya anak-anak yang cerdas akan memiliki kemampuan mengingat serta konsentrasi yang sangat baik. Inilah yang membuat mereka dapat memiliki ingatan diatas rata-rata. Lain halnya dengan orang tua yang biasanya cenderung lemah karena berbagai macam faktor salah satunya adalah faktor usia yang sudah tidak muda lagi. Karena saat seseorang semakin tua usianya,  kinerja otak juga mulai melemah.

Dasarnya bagian otak memang dirancang untuk melakukan berbagai tugas, mulai berfungsi sebagai daya ingat, fokus serta memegang peranan dalam hal konsentrasi. Mulai dari perintah kecil seperti mengedipkan mata atau menggerakan jari merupakan tugas otak kita. Sehingga saat daya ingat dan konsentrasi mengalami penurunan,  berbagai tindakan dalam tubuh juga terkena efeknya.

Baca juga : Tanaman Herbal

Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Untuk itulah ada beberapa tips meningkatkan konsentrasi dan daya ingat secara alami yang bisa kamu coba sendiri.

1. Mengolah Daya Ingat Menit ke Menit

Mengolah Daya Ingat Menit ke Menit

Cara pertama untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat adalah dengan cara mengolah daya ingat menit ke menit. Hal ini bisa digunakan buat menjaga ingatan bekerja dengan baik serta semakin pulih. Misalkan kamu dapat melakukannya di pagi hari hingga malam hari. Saat kamu baru bangun tidur cobalah untuk mengingat apa yang telah kamu lakukan kemarin serta rencana pada hari itu. Kemudian buatlah rencana serta tumpuk dengan aktivitaz yang akan kamu lakukan hari itu. Saat malam hari kamu bisa mencoba untuk mengulangi latihan ini.

2. Bantu Dengan Catatan

Bantu Dengan Catatan

Membuat catatan ternuata salah satu cara buat merangsang otak sehingga dapat bekerja secara normal. Siapa sangka jika kebiasaan ini bisa mengurang sakit kepala yang diakibat mengingat daftar rencana aktivitas hari itu ataupun pelajaran tertentu. Caranya pun mudah, kamu cukup membuat daftar pekerjaan, daftar tugas, serta daftar materi pelajaran kalau masih sekolah. Kemudian baca ulang catatanmu dan simpanlah. Kamu bisa mencoba untuk mencatat selama sehari penuh serta lihatlah bagian mana yang kamu lupakan.

3. Melakukan Sesuatu yang Baru

Melakukan Sesuatu yang Baru

Bisa jadi, berkurangnya konsentrasi , daya ingat dan fokus yabg menurun disebabkan karena kamu sedang merasa jenuh dan bosan dengan aktivitas rutin. Untuk mencegah itu semua kamu bisa mencoba melakukan sesuatu hal baru. Kamu bisa mencoba melakukan kegiatan yang belum pernah kamu coba sebelumnya, misalkan dengan melakukan olahraga yang menantang, mencoba untuk menulis puisi, belajar bahasa asing ataupun bermain game.

4. Meditasi

Meditasi

Langkah lain yang dapat kamu lakukan yaitu mencoba dengan meditasi. Dengan melakukan meditasi akan membuat jiwa jadi lebih tenang serta membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat karena otak sedang beristirahat dari tekanan yang besar. Meditasi ternyata juga sangat baik buat merangsang fungsi batang otak dan paling utama yang berhubungan dengan sistem pernafasan dan reflek tubuh. Kamu bisa melakukan meditasi pada pagi ataupun sore hari bisa juga dilakukan menjelang tidur. Caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu duduk bersila dengan posisi santai serta posisi tangan yang nyaman. Kemudian tariklah nafas panjang, kemudian hembuskan dan mulai buat merenung santai.

5. Latihan Fisik

Latihan Fisik

Siapa sangka jika latihan fisik merupakan salah satu cara memulihkan konsentrasi, memperkuat daya ingat serta fokus yang jadi lebih baik. Olahraga tidak cuma membuat tubuh lebih segar karena mengeluarkan keringat tetapi juga bisa memperlancar aliran oksigen ke otak. Ini akan membuat otak jauh lebih sehat serta membuat semua sel pada tubuh bekerja dengan normal. Bahkan latihan fisik dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Berikut beberapa latihan fisik yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Baca juga : Manfaat Pete

  • Senam erobik  merupakan salah satu latihan fisik yang membuat jantung akan memompa darah dengan maksimal dan memperlancar aliran darah serta oksigen ke otak.
  • Lari merupakan salah satu latihan fisik yang akan membuat pikiran jadi lebih nyaman serta santai serta mendapatkan oksigen yang baik. Disarankan untuk rutin lari di pagi agar bisa mendapatkan oksigen yang sejuk dan nyaman.
  • Jalan kaki mungkin merupakan hal yang sering kamu lakukan, tapi lebih baik jika kamu rutin melakukakannya. Karena latihan fisik dapat membuat otak memperoleh oksigen lebih banyak dan membuat tubuh lebih sehat.

6. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup

Tidur merupakan aktivitas yang dilakukan oleh semua orang, bahkan menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh beristirahat dengan baik. Tidur juga sangat baik buat meningkatkan dan memperlancar kadar oksigen kedalam otak dan membuat otak bekerja baik. Untuk itulah anak-anak perlu tidur yang cukup untuk meningkatkan konsentrasi serta memperkuat daya ingatan. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga perlu membuat tubuh beristirahat yang cukup. Jika kamu memiliki masalah sulit tidur, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mencoba tidur dengan jadwal tepat. Mulailah untuk menghindari kebiasaan begadang karena bisa membuatmu sakit kepala serta tubuh yang tidak sehat.

7. Kurangi Konsumsi Kafein

Kurangi Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein secara berlebihan juga bisa menjafi salah satu alasan kamu sulit berkonsentrasi dan daya ingat menurun. Ini dikarenakan kafein yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk otak. Kafein dapat mengganggu stimulasi beberapa bagian otak secara perlahan. Meskipun efek kafein seringkali menyebabkan lonjakan adrenalin dan membantu merangsang energi tubuh sehingga lebih segar. Tapi sebaiknya mulailah untuk mengurangi kafein jika kamu ingin memperbaiki konsentrasi dan daya ingat.

8. Menghindari Stress

Menghindari Stress

Stres ternyata menyebabkan tekanan sangat besar buat otak serta sistem memori. Kebanyakan orang yang stres akabN cenderung lebih mudah sedih, depresi serta muram yang membuat fokus serta daya ingat berkurang dengan cepat. Jadi jika kamu mengalami stres cobalah untuk mengelolanya dengan cepat dan tepat. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan olahraga ringan, berkumpul dan bertemu teman ataupun keluarga, berlibur dan mengambil cuti  pekerjaan. Lakukanlah semua hal yang dapat membuat beban pikiranmu berkurang sehingga fokus dan sistem memori jadi lebih longgar lagi.

9. Membaca dan Analisa

Membaca dan Analisa

Kamu juga harus mulai rajin membaca buku ataupun novel, ini akan membantu mengembalikan konsentrasi dan daya ingatmubkembali. Kamu bisa mengingat isi buku serta ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dari membaca salah satunya adalah membuatmu lebih santai sekaligus memperkaya ilmu. Saat membaca, otak akan mengingat  isi buku atau novel, sehingga saat kamu lupa maka akan ada rasa yang mendorongmu untuk membuka kembali.

10. Seringlah Ketawa

Seringlah Ketawa

Siapa yang mengira jika tertawa akan membuat oksigen masuk ke dalam otak serta meembuat perasaanmu menjadi lebih santai. Tertawa ternyata sangat baik buat menjaga pikiran lebih santai. Dengan sering tertawa serta tidak bermuram akan membantu mengurangi depresi, ingatan serta konsentrasi yang akan kembali meningkat dengan baik.

Baca juga : Buah yang Cocok Untuk Program Diet

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat secara alami dan cocok untuk semua orang. Jika kamu sedang mengalami masalah ini, cobalah untuk melakukan beberapa tips diatas.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *