5 Tempat Wisata Angker Dan Mistis Terpopuler Di Yogyakarta

Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Yogyakarta atau yang dikenal dengan Jogja disebut sebagai kota pendidikan sehingga banyak orang yang menuntut ilmu di kota ini.  Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan, baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Hal itu dikarenakan Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang menarik perhatian, baik tempat wisata alam, tempat wisata bersejarah, maupun tempat wisata mistis.

Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Perlu diketahui bahwa keistimewaan Yogyakarta bukan hanya terletak di sektor wisata, adat dan budayanya yang kental, Yogyakarta juga menyimpan cerita-cerita mistis yang masih berhubungan dengan histori Yogyakarta di masa lalu tepatnya pada zaman penjajahan. Perlu diketahui juga bahwa Yogyakarta sudah berdiri sejak masa kolonialisme. Cerita-cerita mistis tersebut muncul dari beragam tempat di Yogyakarta yang dianggap angker dan  memiliki aroma kemistisan yang mana sering digunakan sebagai tujuan wisata mistis. Nah berikut ini akan diulas mengenai 5 tempat wisata angker dan mistis terpopuler di Yogyakarta. Penasaran? Maka dari itu, simak baik-baik ya ulasannya di bawah ini!

1. Pantai Parangkusumo

Wisata Angker Yogyakarta

Setiap pantai yang ada di Yogyakarta memang terkenal akan cerita kemistisannya karena berkaitan dengan tokoh mitologi Jawa yang bernama Nyi Roro Kidul yang konon merupakan ratu penguasa Kerajaan Pantai Selatan. Salah satunya adalah Pantai Parangkusumo. Pantai Parangkusumo merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal dengan aroma kemistisannya yang terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini dikenal oleh masyarakat sebagai gerbang masuk untuk menuju ke Istana Kerajaan Ratu Pantai Selatan.

Konon, setiap kurun waktu tertentu, kerajaan Pantai Selatan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan selalu meminta tumbal. Masyarakat percaya bahwa setiap wisatawan yang meninggal karena terseret ombak sering dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Masyarakat percaya jika pengunjung yang meninggal tersebut  menjadi tumbal untuk Nyi Roro Kidul. Ada satu mitos yang terkenal di Pantai Parangkusumo bahwa pengunjung diharapkan tidak menggunakan pakaian yang berwarna hijau untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Hal itu dikarenakan warna tersebut merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

2. Rumah Kentang Kotabaru

Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Ternyata Rumah Kentang tidak hanya ada di Bandung. Di Yogyakarta pun juga ada. Rumah Kentang Kota Baru merupakan salah satu tempat yang terkenal dengan keangkeran dan kemistisannya yang terpopuler di Yogyakarta. Rumah Kentang dikenal sebagai rumah berhantu dengan kisah mistis yang menyeramkan. Pernah juga Rumah Kentang diangkat ke dalam film layar lebar dengan judul yang sama di tahun 2012 dan ditayangkan kembali pada tahun 2019 dengan judul “Rumah Kentang: The Beginning”.

Rumah Kentang Kota Baru berada di seberang SMA Stella Duce 1 Kotabaru tepatnya di jalan Sabirin No. 20, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Awalnya rumah ini hanya berupa rumah kosong yang sudah lama ditinggalkan oleh penghuninya. Dulunya rumah ini ditinggali oleh seorang ibu dan anaknya. Ketika malam hari, sang ibu meninggalkan rumah dalam kondisi sedang merebus kentang dan anaknya yang masih kecil tidak sengaja tercebur ke kuali rebusan kentang tersebut.

Menurut cerita yang beredar, ketika malam hari, masyarakat sering mencium bau kentang yang menyengat. Mereka percaya jika aroma kentang tersebut merupakan pertanda adanya makhluk ghaib berbentuk genderuwo bertubung tinggi dan besar di sekitar lokasi. Kabarnya lonceng kecil yang berada di rumah ini seringkali berbunyi sendiri. Kini, Rumah Kentang Kota Baru digunakan sebagai kantor Bank BTN.

3. Bundaran Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM)

Wisata Mistis Yogyakarta

Bundaran Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu kawasan yang berada di Universitas Gadjah Mada terletak di Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, Yogyakarta. Bundaran Teknik UGM merupakan salah satu tempat yang terkenal akan keangkeran dan kemistisannya di Yogyakarta dimana di tempat ini terdapat larangan untuk menyanyi lagu yang berjudul “Gugur Bunga” ketika melintasinya apalagi  ketika sendiri di malam hari. Banyak yang percaya bahkan ada yang pernah mengalami jika menyanyikan lagu di kawasan tersebut maka akan ada arwah pahlawan yang menemani bahkan juga ikut bernyanyi bersama. Kehadiran arwah tersebut ditandai dengan bau kemenyan dan bunga yang tiba-tiba muncul.

4. Bioskop XXI

Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Bioskop XXI merupakan salah satu tempat yang terkenal akan keangkeran dan kemistisannya di Yogyakarta yang menyimpan sebuah kisah menyeramkan. Kabarnya sering muncul penampakan di dalam bioskop ini dan sering menghantui penonton, terutama ketika menonton pada waktu midnight. Bioskop XXI yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, No. 104, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. Bioskop ini dulunya memiliki sebuah swalayan hero yang berada di lantai pertama dan di lantai atas terdapat Bioskop Empire 21 yang memiliki 8 studio serta di sebelahnya terdapat Bioskop Regent.

Namun kejadian naas yang dialami kedua bioskop dan swalayan itu. Ketiganya mengalami kebakaran dua kali. Kebakaran pertama terjadi pada tahun 1999 menghanguskan Bioskop Empire 21 dan Swalayan Hero, namun tidak menimbulkan korban. Sedangkan di kebakaran kedua yang menghanguskan Bioskop Regent menewaskan 15 korban jiwa. Dari jumlah korban tersebut, 4 korban dari mereka tidak dapat ditemukan sampai sekarang.

Setelah sekitar 10 tahunan terbengkalai, bangunan ini direnovasi lagi dan menjadi Bioskop XXI. Meskipun baru, namun tetap ada yang tertinggal yaitu arwah korban yang masih bergentayangan dan menimbulkan keangkeran. Kadang juga tiba-tiba tercium aroma busuk dan daging gosong hingga suhu ruangan menjadi sangat panas ketika di tengah-tengah pemutaran film. Menurut cerita yang beredar, pernah ada kejadian pada saat jadwal film midnight. Saat itu, satu studio hanya diisi oleh empat orang penonton, namun suasana studio tersebut terasa sangat penuh. Bahkan mereka juga sempat mengobrol dengan penonton lain selain empat orang tersebut. Begitu film selesai, empat penonton tersebut tersadar bahwa mereka hanya berempat di dalam studio. Ketika bertanya kepada petugas pun, petugas menjawab memang jumlah penontonnya tetap empat orang. Tidak ada orang lain selain empat orang tersebut.

5.  Gua Jepang di Kaki Gunung Merapi

Wisata Angker Dan Mistis Yogyakarta

Gua Jepang merupakan salah satu tempat bersejarah yang terkenal akan keangkeran dan kemistisannya. Gua Jepang dapat ditemukan di beberapa daerah termasuk Yogyakarta. Di Yogyakarta, Gua Jepang terletak di kawasan Kaki Gunung Merapi yang dinamakan Gua Jepang Kaliurang yang terkenal keangkerannya. Gua ini terletak di antara tebing-tebing yang sangat curam. Konon, Gua ini dulunya merupakan penjara dan tempat penyiksaan pribumi yang melawan pemerintahan Jepang. Selain itu, gua ini dulunya juga digunakan sebagai tempat persembunyian pribumi dari tentara sekutu.

Setelah lama terbengkalai, suasana angker dan mistis di sekitar Gua Jepang makin terasa menyeramkan dan muncul cerita-cerita misteri yang berhubungan dengan Gua Jepang. Masyarakat mengaku sering mendengar suara-suara tanpa wujud  seperti suara derap prajurit, suara tangisan minta tolong dan melihat sosok-sosok  prajurit perang yang bersimbah darah maupun pocong yang menyeramkan di dalam gua ini.

Nah itulah ulasan mengenai 5 tempat wisata angker dan mistis terpopuler di Yogyakarta. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk Anda terkait beberapa tempat di Yogyakarta yang terkenal angker dan mistis.

You May Also Like

About the Author: icolancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *